DPRD PROVINSI BENGKULU Provinsi Bengkulu

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Apresiasi Pelestarian Budaya Nasional Etnis Karo

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Apresiasi Pelestarian Budaya Nasional Etnis Karo

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi SP mengapresiasi Persatuan Adat Batak Karo Provinsi Bengkulu yang menggelar Pesta Rakyat Etnis Batak Karo, ā€˜PERKOLONG-KOLONGā€™ dengan menampilkan kesenian khas adat Karo, beserta rangkaian pergelaran kebudayaan adat Karo.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Fraksi Gerindra ini, kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk pelestarian budaya nasional yang dikemas dalam acara pentas seni kenduri masyarakat etnis karo perkolong kolong.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, selain melestarikan budaya nasional, ini juga sebagai bentuk bahwa budaya adalah jati diri bangsa, budayalah yang membedakan suatu bangsa atau negara,” kata Jonaidi saat menghadiri acara Pesta Rakyat Etnis Batak Karo di Balai Buntar Kota Bengkulu, Rabu (7/12/2022) malam.

Jonaidi menyatakan, kegiatan ini sungguh sebuah bentuk kepribadian masyarakat Indonesia yang berbudaya dan berkepribadian. Indonesia merupakan salah satu bangsa dengan bermacam etnis, namun disatukan dengan Bhineka Tunggal Ika. Hal ini merupaka keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia dari negara lain.

“Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, tepatnya sekitar kurang lebih 1.340 suku bangsa di Tanah Air. Inilah yang menjadi kelebihan Indonesia dari negara lain,” demikian Jonaidi.

Perlu diketahui, Persatuan Adat Batak Karo Provinsi Bengkulu ini diprakarsai Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH yang merupakan tokoh karo Bengkulu.

Kegiatan ā€œKenduri Budaya Multikultural Masyarakat Etnis Karo Provinsi Bengkulu 2022ā€ merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mengakomodir seluruh suku bangsa yang ada di Provinsi Bengkulu yang telah lama tinggal di Bengkulu dan ikut serta dalam membangun Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menyadari bahwa Indonesia merupakan negara yang multi budaya, multi etnis, dan multi agama, pada hakikatnya menjadi potensi dan modal dasar untuk membentuk sebuah kekuatan yang menanjak agar lebih mencintai dan membangun negeri ini.(Boy)

Share

Related posts

Pemprov Bengkulu Terima Bantuan Oksigen Consentraktor dari Kemenkes RI

Berita Rafflesia

Kemenag dan DPR RI, Kunjungi Ponpes Pancasila Sekaligus Berikan Bantuan

Berita rafflesia

Dempo,Anggota DPRD Provinsi Sesalkan Biaya Pendidikan Sumbang Laju Inflasi

Berita rafflesia

Leave a Comment