Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Beri Arahan Pada Ratusan Mahasiswa

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Beri Arahan Pada Ratusan Mahasiswa

 Bengkulu.Beritarafflesia.Com-Bertindak sebagai pemateri dalam sekolah legislatif yang dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu memberi wejangan kepada ratusan mahasiswa.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Beri Arahan Pada Ratusan Mahasiswa

Jonaidi, SP,. MM, dihadapan ratusan mahasiswa memberikan semangat belajar, dan motivasi agar bisa mengasah kemampuan dan bibit sebagai seorang pemimpin sejak di bangku kuliah.

Salah satunya adalah, bahwa selain belajar di Kampus, salah satu yang harus dilakukan mahasiswa selama kuliah adalah berorganisasi.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena organisasi merupakan salah satu cara dan tempat untuk belajar, sehingga bisa memahami makna kepemimpinan sejak dini.

“Menjadi mahasiswa tidak hanya duduk di bangku kuliah dan belajar materi saja, namun lebih-lebih harus berorganisasi agar bisa menempa kemampuan diri lebih baik lagi,” sampai Jonaidi, SP, MM, Sabtu 24 Juni 2023.

Lebih lanjut kader GMNI Provinsi Bengkulu tersebut menambahkan, bahwa Kampus merupakan gambaran dari tatanan negara Indonesia, sehingga kampus merupakan tempat yang tepat untuk belajar menjadi seorang pemimpin.

“Ingat kampus adalah lab mini kepemimpinan, jadi manfaatkanlah. Terlebih banyak pemimpin kita saat ini terlahir dari seorang aktivis,” tegasnya.

Belajar secara akademis sangat penting, karena itu merupakan ilmu pengetahuan yang memang harus dimiliki.

Namun, untuk mengasah kemampuan dalam memimpin, maka organisasi merupakan pilihan yang tepat.

“Founding fathers kita, Soekarno, Hatta, Syahrir berasal dari aktivis. Presiden kita saat ini juga ketika muda dulunya seorang aktivis,” ujarnya.

Terlebih, sistem politik di Indonesia menganut Trias Politika yang terdiri dari Yudikatif, Legislatif, dan Eksekutif.

Dimana hal tersebut, sama seperti sistem yang ada pada BEM, dan senat mahasiswa, sehingga bisa dijadikan untuk tempat belajar.

Jonaidi, SP yang semasa kuliahnya merupakan seorang aktivis mengungkapkan, banyak sekali organisasi intra kampus maupun ekstra kampus yang bisa dipilih, tinggal “Akan lebih indah ketika anda turun bersama rakyat ketika masih duduk di bangku kuliah. Manfaatkan masa perkuliahan dengan sebaik-baiknya, Kampus adalah laboratorium mini kepemimpinan,” imbuhnya.

Diakhir pemaparan materi dirinya juga membagikan kunci sukses menjadi seorang leader atau pemimpin masa depan.

1. Pahami siapa diri anda

2. Bangun relasi atau jaringan dengan ikut berorganisasi

3. Meminta restu orang tua, khususnya Ibu kita.

4. Harus sering membaca buku, khususnya ilmu kepemimpinan dan organisasi. Karena setiap pemimpin adalah seorang yang gemar membaca buku-buku positif.

“Setelah keluar dari sekolah legislatif ini, saya harap mindset dan cakrawala adik-adik sekalian akan berubah, tentang arti sebuah kepemimpinan,” akhirnya.(Br1)Adv