Provinsi Bengkulu

Kick Off Meeting,  Awali Eksistensi Perhimpi Cabang Bengkulu

Bengkulu,beritarafflesia.com- Gerak cepat inisiasi pembentukan organisasi profesi Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI) Cabang Bengkulu diawali dengan kick off meeting secara virtual, Jum’at (02/10) yang diselenggarakan di zoom cloud meeting BPTP Balitbangtan Bengkulu.

Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu, Dr. Yudi Sastro, SP., MP dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat dan sosialisasi PERHIMPI yang diselenggarakan secara virtual hari ini merupakan tindaklanjut dari surat Pengurus Pusat Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI) perihal pembentukan pengurus Cabang PERHIMPI, BPTP Balitbangtan Bengkulu ditugaskan untuk membantu pembentukan PERHIMPI Cabang Bengkulu.

“Perlu kami sampaikan bahwa BPTP Bengkulu disini hanya sebagai fasilitator yang ditunjuk oleh Pengurus Pusat PERHIMPI sampai kepengurusan definitif terbentuk. Saat ini sudah terbentuk 14 cabang PERHIMPI di Indonesia. Organisasi ini sangat penting demi kelanjutan pertanian di Provinsi Bengkulu.” Ungkapnya.

Lanjut Yudi, kesuksesan pembentukan PERHIMPI Cabang Bengkulu tidak terlepas dari partisipasi dan kerjasama yang baik dengan Dinas Lingkup Pertanian, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Stasiun Klimatologi, Stasiun Karantina, dan Balai Wilayah Sungai Sumatera VII.

 “Kita di Bengkulu diberikan amanah untuk melakukan strukturisasi yang merupakan syarat berdirinya organiasi PERHIMPI, hal tersebut berdasarkan Anggaran Dasar tentang Struktur Organisasi dan Kepengurusan serta Anggaran Rumah Tangga tentang Organisasi Cabang dan Pengurus Cabang PERHIMPI” Jelas Yudi.

Pengurus Pusat PERHIMPI, Rima Purnamayani, SP., M.Si saat sosialisasi menyampaikan  bahwa PERHIMPI merupakan organisasi profesi ilmiah yang bersifat lintas displin dalam bidang pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya cuaca/iklim dan lingkungan, terutama dalam bidang pertanian dalam arti luas.

Maksud dan tujuan dibentuknya organiasi PERHIMPI menurut Rima antara lain: a) Wadah bagi peminat dalam ruang sumberdaya cuaca dan iklim untuk pertanian, untuk bertukar pikiran dan pengalaman, guna mengembangkan daya pikir menghadapi permasalahan, b) Membantu usaha pemerintah dalam bidang pengembangan dan pemanfataan sumberdaya cuaca dan iklim untuk pertanian, dan c) Mengembangkan penghayatan masyarakat luas terhadap pemanfaatan cuaca dan iklim untuk pertanian secara bijaksana.

Dari 56 peserta yang hadir, terpilih delapan orang tim formatur antara lain: Mujiono, M.Si (Universitas Dehasen Bengkulu), Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc., Ph.D (Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu), Klaus Johannes Apoh Damanik, ST., MP (Stasiun Klimatologi, BMKG Bengkulu), Hesti Marniati, SP (Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bengkulu), Irma Lisa Sridanti, SP., M.Si (Universitas Pat Petulai Rejang Lebong), Andika Prawanto, S.Si, M.Si (Akademi Komunitas Rejang Lebong), Westi Nurmi, ST (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu), dan Yahumri, SP., M. Ling (BPTP Balitbangtan Bengkulu). Kedelapan orang formatur tersebut bertugas memilih ketua, sekretaris, dan bendahara serta menyusun kepengurusan PERHIMPI Cabang Bengkulu. (Rilis)

Share this:

Related posts

Derta Wahyulin Berpesan Masalah Stunting, dan Penanganan Covid-19 Jadi Program PKK kabupaten Kaur

Berita rafflesia

Tantanan New Normal, Jonaidi: Sebelum Direalisasikan Pemprov Hendaknya Gelar Sosialisasi

Berita rafflesia

Rapat Koorsinasi Pembentuk badan AdHoc

Berita rafflesia

Leave a Comment