Hukum Pemerintahan Uncategorized

Klarifikasi KSOP Atas Foto Buang Sampah di Medsos : Bukan oleh ABK!

AMBON, Beritarafflesia.com – Foto yang menampakkan sebuah aksi pembuangan sampah di tengah laut viral di media sosial. Serta merta, aksi tersebut menuai kecaman.

Foto yang tersebar di media sosial tersebut menampakkan dua orang pria berkaus putih dan merah secara bersamaan membuang sampah yang berada di tong ke laut lepas dari atas kapal.

Aksi tersebut diduga dilakukan  oleh dua orang penumpang KM. Chantika 10c, salah satu kapal yang beroperasi di Laut Maluku.

Aksi tidak terpuji ini menarik reaksi keras dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, yang langsung menginterogasi anak buah kapal (ABK) KM Chantika 10c.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) Kementerian Perhubungan, diduga perilaku tersebut bukan dari ABK, namun oleh penumpang yang kecewa atas minimnya ketersediaan air bersih di atas kapal.

Hal tersebut terungkap setelah 17 ABK KM Chantika 10c diperiksa oleh 10 orang PPNS KSOP Kelas I Ambon, Polairut, dan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku.

“Setelah diperiksa tidak ada satupun ABK yang sesuai dengan foto, atau video yang beredar di media sosial tersebut,” tulis DJPL dalam laman resminya.

KSOP Kelas I Ambon, Yefri Meidison, mengklarifikasi bahwa kejadian itu dilakukan oleh penumpang KM Chantika 10c rute Wulur – Ambon, yang kecewa atas minimnya yang diakibatkan oleh rusaknya sistem suplai di atas kapal.

Ia menyayangkan penumpang yang memfoto kejadian tersebut dan menyebarkan dengan nada provokasi, sehingga membuat foto tersebut viral dan berimbas pada kritikan terhadap KM Chantika 10c.

“Seakan-akan kejadian itu dilakukan oleh ABK KM. Chantika 10c. Padahal, saat ini pemerintah serta operator pelayaran tengah melindungi lingkungan maritim dari sampah di laut.” Ujar Yefri.

“Saat ini persediaan air bersih di kapal KM. Chantika 10c sudah diperbaiki, dan KSOP Ambon meminta agar operator memperbesar jumlah air menjadi 70 ton air bersih, dari yang biasanya hanya 50 ton,” tutupnya. (cecep)

Share this:

Related posts

Plt Walikota Minta Pemuda Semangat Kampanyekan Anti Narkoba

Berita rafflesia

Terlibat Tindak Pidana Curat, Warga Benteng Diamankan Tim Macan Gading Polres Bengkulu

Berita rafflesia

Abaikan Prokes, Teuku Khawatir Lonjakan Kasus COVID-19

Berita rafflesia

Leave a Comment