Camat Kabawetan dan Pemdes Air sempiang Gelar MONEV, Kontrol Penyerapan DD 2023

Kontrol Penyerapan DD 2023, Camat Kabawetan dan Pemdes Air sempiang Gelar MONEV Anggaran Desa

Kepahiang, Beritarafflesia.com- Kegiatan Monev (Monitoring dan Evaluasi) rutin dilaksanakan guna untuk mengontrol dan membantu desa dalam proses penyerapan Anggaran Desa. Seperti yang di lakukan Pemerintah desa Air Sempiang dan Pemerintah Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang melaksanakan  Monev Anggaran Dana Desa, bertempat dibalai desa Air Sempiang, pada Jum,at (7/7/2023) kemarin.

Kegiatan Monev 2023 yang dilaksanakan dari Kecamatan kemarin yang di pimpin langsung oleh Camat Kabawetan Budi Yunanto Nugroho  guna mengkroscek kesiapan terkait  penyerapan kegiatan dan pelaporan serta tanggung jawab desa kepada Pemerintah Pusat.

Camat Kabawetan dan Pemdes Air sempiang Gelar MONEV Anggaran Desa

Acara Monev ini di hadiri Tim Monitoring,  tim PMD Kecamatan ,Babinsa, Babinkantibmas, Pendamping Desa,pendamping lokal desa dan TPK , kepala Desa Air Sempiang ,BPD ,Prangkat desa Air sempiang.

Camat Kabawetan Budi Yunanto Nugroho menjelaskan, Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan serta evaluasi  pelaporan.

Camat Kabawetan dan Pemdes Air sempiang Gelar MONEV Anggaran Desa

Selain itu Camat juga Menambahkan,  monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada.

“Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya. karena pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa.” Jelas Budi Yunanto Nugroho

Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, Ketahanan pangan dan dokumen penting lainnya.

” Secara keseluruhan baik pengelolaan sistem administrasi maupu  pembangunan fisik di Desa Air sempiang Kecamatan kabawetan Kabupaten Kepahiang sudah berjalan baik dan Terperinci.  hanya saja perlu koordinasi lebih lanjut antar Kaur dan Kasi agar pengerjaan administrasi kegiatan pemerintahan desa lebih terarah, lengkap dan teratur sesuai dengan tugas pada tupoksi masing-masing.” Sambungnya

Selain itu Nugroho melanjutkan” Saya disarankan untuk melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap, baik administrasi maupun fisik yang sudah dipaparkan dalam hasil Monev tahun ini” Demikian tutup Camat Kabawetan Budi Yunanto Nugroho, (Jon)