Kota Bengkulu Pemerintahan

Kota Bengkulu Sabet Penghargaan Sebagai Kota Sangat Inovatif

Kota Bengkulu, Beritarafflesia.com- Prestasi membanggakan terus ditorehkan Kota Bengkulu melalui program-program inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Kali ini, Kota Bengkulu menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai “Kota Sangat Inovatif” di sesi III bersama-sama dengan 16 provinsi, 25 kabupaten dan 12 kota lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), serta didukung oleh majalah Top Business. Jumat (18/12/2020). 

Penyerahan berupa piagam dan trofi diberikan langsung oleh Kepala Pusat Litbang Pembangunan dan Keuangan Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumule Tumbo kepada Walikota Bengkulu Helmi Hasan di Grand Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta.

Untuk diketahui, Innovative Government Award (IGA) ini ialah kegiatan penilaian dan penghargaan tahunan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah atas keberhasilannya dalam melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Adapun penilaian IGA tahun 2020 meliputi lima kategori penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah yakni Provinsi Terinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif,  Kabupaten/Kota Terinovatif kategori daerah Tertinggal, Kabupaten/Kota Terinovatif kategori Kawasan Perbatasan, dan Kabupaten/Kota Terinovatif kategori Provinsi Papua dan Papua Barat.

Saat diwawancara, Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengucapkan terimakasih atas peran aktif seluruh OPD dan pihak lainnya yang membuat inovasi-inovasi dalam bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

“Alhamdulillah, semua OPD kompak dengan berlomba-lomba memberikan inovasi dalam bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah. Penghargaan ini suatu kebanggaan bagi kita (Pemkot Bengkulu) yang terus membenahi Kota Bengkulu agar lebih maju dalam segi apapun. Semoga ini menjadi pemecut semangat untuk terus membuat Kota Bengkulu semakin maju,” jelas Helmi.

Atas penghargaan ini, Helmi juga mengapresiasi kerjasama seluruh OPD atas keikutsertaannya dalam ajang IGA tahun 2020.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh OPD atas kerjasamanya mengikuti ajang IGA 2020 dengan melengkapi berkas, dokumen pendukung, dokumen dari inovasi masing-masing OPD dan menguploadnya ke dalam sistem aplikasi penilaian IGA. Dan alhamdulillah akhirnya kita mendapatkan penghargaan ini,” tutur Helmi.

Ditempat yang berbeda, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Firman Romzi juga mengapresiasi OPD yang telah berperan aktif.

“Saya selaku pihak pendamping tim inovasi sangat mengapresiasi atas kerjasama seluruh OPD. Dari 44 inovasi yang diikutsertakan, alhamdulillah kita mendapat penghargaan “Kota sangat Inovatif”. Selain itu, inovasi dari bidang pelayanan kita juga sangat bagus, seperti inovasi Disdukcapil, rumah sakit dan perizinan,” ujar Firman Romzi. 

 

Related posts

Kadis Kominfosan Kota: Selama Pandemi, Siswa Sekolah Tidak Diwajibkan Pakai Seragam

Berita rafflesia

BAZNAS Provinsi Bengkulu Audiensi Ke UIN FAS Bengkulu

Berita rafflesia

Kadis Koprasi Ikut Andil Gaungkan Program HD Oto

Berita rafflesia

Leave a Comment