Kota Bengkulu Pemerintahan

Kuatkan Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Korupsi, Gubernur Rohidin Launching Layanan E-Dumas

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Penguatan peran masyarakat dalam mengawasi kinerja dan bentuk layanan pemerintah, pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu bekerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) termasuk KPK RI, menyediakan layanan pengaduan berbasis elektronik yaitu Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Elektronik (e-Dumas).

Layanan ini merupakan inisiasi Pemprov Bengkulu untuk menguatkan peran serta masyarakat dalam proses pengawasan dan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di daerah.

Sebagaimana dikatakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dengan adanya e-Dumas ini masyarakat akan semakin pro aktif, lebih mudah, aman dan nyaman untuk menyampaikan laporan, sehingga akan berdampak peningkatan layanan kepada masyarakat maupun produktivitas kinerja aparatur pemerintah.

“Tentu dengan hal ini tingkat kejadian korupsi dan penyalahgunaan kewenangan lainnya semakin berkurang dan bahkan tidak ada lagi terjadi di Bengkulu,” jelas Gubernur Rohidin usai Melaunching e-Dumas, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (07/07/2020).

Acara yang digelar secara Video Conference, juga dihadiri Pimpinan KPK RI Alexander Mawarta, Ketua Korwil V KPK RI Budi Waluya, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Drs Hamka Sabri MSi, Kajati Bengkulu Dr Andi Muhammad Taufik SH MH, Inspektur Provinsi Bengkulu Heru Susanto SE MM, serta unsur FKPD dan OPD di Ruang Lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam laporannya, Inspektur Provinsi Bengkulu Heru Susanto menyampaikan beberapa poin mengenai tujuan dilaunchingnya E-Dumas diantaranya :

  1. E-Dumas merupakan tonggak terwujudnya kerjasama antara APIP dan APH serta Supervisi dari KPK RI dalam penanganan pengaduan masyarakat terkait indikasi korupsi secara kompeherensif, terintegrasi dan modern di Provinsi Bengkulu,
  2. Launching E-Dumas dilakukan untuk melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat baik dalam bentuk laporan, keluhan, ataupun pengaduan melalui aplikasi pengaduan dengan mengakses situs e-ngadu.bengkuluprov.go.id,
  3. Launching E-Dumas merupakan bentuk kepastian dan perlindungan negara kepada Pejabat/Aparat Negara dalam melakukan tugas dari kesalahan administratif sehingga upaya penerapan tindak pidana menjadi upaya terakhir dalam asesment penyelenggaraan negara.

Heru juga menambahkan bahwa upaya penegakkan hukuman pidana kepada penyelenggara negara apabila ditemukan adanya indikasi niat, persengkongkolan, mufakat jahat, penyalahgunaan wewenang/jabatan.

Adapun Pejabat penghubung dalam e-ngadu.bengkuluprov.go.id adalah Henny Kauri, S.Pt., MM (Sekretaris Inspektorat Provinsi Bengkulu), AKBP. Harry Irawan, SH ( Kasubdit Tipidkor Reskrimsus Polda Bengkulu) dan Hendri Hanafi, SH.,MH ( Koordinator Bidang Pidsus Kejati Bengkulu). (Wr/Mc1)

Share this:

Related posts

Tertangkap Mencuri Aki Truk, Dua Pemuda Diamankan Polsek Teluk Segara

Berita rafflesia

Bupati Mian: Sebagai Aparat Pemerintah, ASN Diminta Pionir Dalam Penerapan Protokol

Berita rafflesia

Dinas PUPR Kota Bengkulu Genjot Perbaikan Jalan Citarum

Berita rafflesia

Leave a Comment