Bengkulu Utara Pemerintahan

Melalui Program Inovatif, Bupati Bersama Bapenda BU Akan Optimalisasikan PAD

Bengkulu Utara, Beritarafflesia.com-  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkulu Utara akan melakukan intensifikasi dalam rangka mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui program-program inovatif. Salah satu potensi PAD adalah sektor pajak, dimana pajak merupakan pendapatan asli daerah yang akan terus ditingkatkan.

“Pajak merupakan salah satu modal Pembangunan Daerah karenanya pendapatan asli daerah dari sektor pajak harus terus kita tingkatkan,” kata Bupati Bengkulu Utara Ir Mian melalui Kepala Bapenda Bengkulu Utara, Dodi Hardinata S.Sos M.Si, Jumat (24/04/2020).

Dodi menerangkan, berbagai upaya terobosan demi tercapainya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dilakukan dengan pembentukan Satgas PAD, kerjasama dengan pihak Kejaksaan dalam bentuk MoU pendampingan hukum, rekonsialisasi pajak sistem berkala (perbulan dan per triwulan) dan dilaksanakannya pemutakhiran data PBB-P2.

“Dengan mengacu pada PAD yang lalu, maka pihak kita akan mencoba beberapa terobosan dan inovasi dalam pencapaian target kedepan yang lebih baik dari saat ini,” jelas Dodi.

Adapun dalam melakukan inovasi tersebut, Bapenda Bengkulu Utara akan tetap mengacu pada regulasi yang ada,  diantaranya regulasi yang di keluarkan oleh Mendagri dan Menkeu serta intruksi Bupati Bengkulu Utara, terkait covid-19 akan dilakukan penyesuaian anggaran dibeberapa titik termasuk pembebasan pajak.

“Kita akan tetap mengikuti regulasi yang ada, kemudian terkait anggaran kita sesuaikan dengan kondisi termasuk dalam hal ini pembebasan pajak terkait covid-19 ini,” kata dia.

Sementara itu, untuk meningkatkan PAD, juga dibutuhkan SDM yang memadai. Oleh karena itu, Bapenda terus melakukan terobosan diantaranya melakukan pelatihan berupa Bimbingan Teknis kepada Operator pemungut pajak dan Bimbingan Teknis kepada Operator yang bertugas dimeja Pelayanan Pajak.

Bapenda juga telah melakukan jemput bola pajak dengan melakukan pelayanan pajak keliling ke semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara dan juga mengaktifkan pelayanan pembayaran pajak non tunai melalui bank yang ditunjuk seperti Bank Bengkulu, Bank BRI dan juga bisa bayar pajak melalui kantor pos terdekat.

“Kita berharap dengan terobosan yang kita lakukan target PAD Kabupaten Bengkulu Utara kedepannya dapat terealisasi tepat pada waktunya,” terang Dodi.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara Ir Mian menambahkan, untuk meningkatkan PAD Bengkulu Utara, dibutuhkan peran semua elemen masyarakat, tidak hanya dari pemerintah saja. Dia berharap masyarakat dengan sadar menunaikan kewajibannya untuk menunjang PAD. (Apri)

Share this:

Related posts

Bupati Mian Buka Kegiatan Pelatihan Kerja Guna Tingkatkan Kompetensi Pencari Kerja

Berita rafflesia

Gubernur Rohidin Himbau ASN Harus Miliki 3 Kompetensi Dasar

Berita rafflesia

Dinkes BS Bagikan 7 Ribu Kelambu Ke Warganya, Agar Tak Terserang DBD

Berita rafflesia

Leave a Comment