Memperkuat Ketahanan Pangan, Pemdes Tapa Gedung Bangun Lumbung Pangan Masyarakat

KEPAHIANG, Beritarafflesia.com – Memperkuat ketahanan pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) Tapa Gedung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang siap bangun lumbung pangan masyarakat.Ini diungkapkan Kades Tapa Gedung, Robi.

“Kami sebagai pemerintah desa akan mengedepankan usulan dari masyarakat. Untuk tahun 2023 ini, usulan yang kami prioritaskan itu salah satunya yakni pembangunan lumbung pangan yang anggarannya dari dana desa (DD). Alhamdulillah pekerjaan fisik sudah terealisasi 80 persen,” jelas Robi.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, lanjut dia, disebutkan bahwa masyarakat diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam upaya mewujudkan cadangan pangan masyarakat,Rabu (23/08/2023)

Untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan cadangan pangan di masyarakat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Jadi Pemdes Tapa Gedung akan lakukan penguatan LPM.

“Ini sebagai antisipasi terjadinya kerawanan pangan dari gangguan produksi, bencana alam dan non alam. Serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu indikator ketahanan pangan adalah tersedia cadangan pangan yang memadai sepanjang waktu,” papar Robi.

Lebih lanjut dikatakan, nantinya LPM akan dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang bisa bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Selain itu untuk meningkatkan ketahanan panga. 

“Tujuan dibangun lumbung pangan masyarakat, tidak lain untuk meningkatkan volume cadangan pangan kelompok, untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya serta untuk meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan,” demikian Roni.(Jon )