Menyemarakan HUT ke-77 Republik Indonesia, TP PKK Bengkulu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Menyemarakan HUT ke-77 Republik Indonesia, TP PKK Bengkulu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Bengkulu,Beritarafflesia.com Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Bengkulu dan Bengkulu Ekspress Group menggelar lomba masak serba ikan, di halaman Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkulu, Rabu (10/08/22). 

Juara lomba cipta menu makanan berbahan dasar ikan

“Kegiatan lomba berbahan dasar ikan ini dalam rangka meningkatkan sekaligus mempercepat gerakan gemar makan ikan. Lomba ini dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Bengkulu bekerjasama dengan Kabupaten/Kota dan Bengkulu Ekspress,” ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sekaligus membuka lomba secara resmi.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, lomba masak serba ikan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Dimana dalam lomba ini terdapat tiga kategori masakan olahan serba ikan. Di antaranya masakan konsumsi keluarga, konsumsi balita dan kudapan. 

“Saya kira ini wujud syukur kita atas HUT ke 77 RI. Ini kita rayakan secara bersama – sama, kita kelola potensi alam yang kita punya dan pada akhirnya tujuan untuk menciptakan generasi masa depan yang sehat, cerdas itu ketika mengkonsumsi ikan dengan jumlah cukup,” ujar Gubernur Rohidin.

Selain itu juga, Tim Penggerak PKK Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin mengungkapkan bahwa ikan memiliki banyak gizi yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, yang baik untuk mencegah terjadinya stunting.

“Harapannya, terciptanya menu kreasi dengan bahan dasar ikan, supaya masyarakat kita gemar makan ikan, karena ikan merupakan salah satu sumber protein dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, baik juga untuk mencegah terjadinya stunting, karena menjadi lebih sehat,” Tutur Derta.

Dalam perlombaan ini juga akan diberikan Piala Bergilir bagi peserta yang mengumpulkan poin paling besar dari ketiga kategori yakni pada masakan keluarga, makanan balita dan kudapan. Derta pun berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Piala bergilir untuk support ibu – ibu agar semangat mengikuti lomba, bisa menciptakan kreasi masakan ikan yang lebih variatif lagi, juga menarik masyarakat, Insya Allah setiap tahun kita laksanakan,” sambung Ketua PKK Derta Wahyulin Rohidin.

General Manager (GM) Harian Bengkulu Ekspress Suherdi Marabillie yang juga merupakan ketua panitia, menuturkan lomba masak serba ikan ini diikuti oleh 50 kelompok peserta. Dari TIM PKK Kabupaten/Kota, Dharma Wanita Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, Dharma Wanita OPD Pemprov Bengkulu dan Organisasi Wanita lainnya di provinsi Bengkulu. 

“Yang ikut serta ada 50 tim, satu tim terdiri dari 2 orang, jadi total ada 100 orang peserta. Dipilihnya ikan sebagai bahan utama karena Bengkulu salah satu provinsi penghasil ikan. Ini juga upaya kita menyemarakkan dan mengkampanyekan gemar makan ikan,” kata Suherdi.

Tampil sebagai juara umum pada gelaran Lomba Masak Serba Ikan kerjasama Tim Penggerak PKK dan Bengkulu Ekspress Group ini Tim Ppenggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong dengan perolehan poin sebesar 1675. Piala bergilir diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin. (EL)

Foto bersama Tim Penggerak PKK Bengkulu dan Bengkulu Ekspress Group bersama pemenang lomba.