Meski Libur DLHK Provinsi Terus Lakukan Pelatihan Pengendalian Pengelolaan Sampah

Meski Libur DLHK Provinsi Terus Lakukan Pelatihan Pengendalian Pengelolaan Sampah

Bengkulu,Beritarafflesia.  Meskipun hari libur namun Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu melalui Kabid II pengelolaan sampah limbah B3 dan pengendalian pencemaran, Yanmar, S.Km. bersama tim fasilitator kader lingkungan terus melakukan pelatihan pengendalian sistem pengelolaan sampah rumah tangga.

Kegiatan pelatihan pengendalian pengelolaan sampah Rumah Tangga yang di gelar dinas DLHK provinsi Bengkuku ini merupakan tahap ke 2 betempat di jalan Beringin no. 24A Rt.12.Rw. 05 kelurahan Bumi Ayu Kecematan Selebar Kota Bengkulu, pada Minggu (30/10/2022)

Untuk di ketahui pelatihan pengelolan Sampah rumah tangga yang di laksanakan dinas LHK Provinsi di setiap RT, kelurahan dan kecematan ini di bawah pembinaan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) DPRD Provinsi, Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH dengan target dan harapan agar semua sampah rumah tangga dapat di olah  dengan baik serta bisa di manfaatkan untuk menunjang nilai ekonomi masyarakat di lingkungan masing- masing.

Meski Libur DLHK Provinsi Terus Lakukan Pelatihan Pengendalian Pengelolaan Sampah

Pada kesempatan itu Kabid II pengelolaan sampah B3, Yanmar mengatakan tujuan dari program sistem pengelolaan sampah rumah tangga ini bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), dengan cara memilah memilih sampah diolah menjadi nilai guna, dengan pengelolaan sampah tersebut masyarakat juga bisa memanfaatkan hasil dari pengelolaan sampah.

“ ini merupakan Pelatihan Pengelolaan sampah anorganik yang ke 2 di kota Bengkulu,Tujuan kita melakukan pelatihan sistem pengelolaan sampah rumah tangga ini agar mengurangi sampah yang ada di tps, dan dengan mengelolah sampah rumah tangga ini nanti hasil olahanya bisa kita manfaatkan,ini merupakan pelatihan pengelolaan sampah kedua anorganik.sampah norganik ini kita olah menjadi kerajinan tangan atau menjadi nilai guna” Ujarnya.

Meski Libur DLHK Provinsi Terus Lakukan Pelatihan Pengendalian Pengelolaan Sampah

Tidak hanya itu yanmar juga mengatakan jika program pelatihan sistem pengelolaan sampah rumah tangga  anorganik ini banyak sekali manfaatnya kalau bisa kita mengelolahnya.

’’ iya sampah anorganik ini banyak sekali manfaatnya jika kita tahu cara mengelolahnya,apalagi sampah anorganik ni sangat susah untuk diuraikan sehingga bisa merusak lingkungan. Jadi  dengan ada pelatihan ini masyarakat tahu cara mengelolah dan memanfaatkan sampah anorganik ini” Tambahnya.

Lebih lanjut kata Yanmar “pelatihan pengelolaan sampah ini sangat bermanfaat apalagi pelatihan sampah anorganik selama ini yang kita tahu hanya di buang dan di bakar. Maka dari itu dengan adanya pelatihan ini sampah dilingkungan akan berkurang, selain dibuat kerajinan tangan sampah anorganik ini bisa diolah menjadi pupuk kompos” Yanmar

Sementara itu ketua Rt.12.Rw. 05 kelurahan Bumi Ayu Kecematan Selebar Kota Bengkulu menyambut baik dengan adanya kegiatan pelatihan pengelolaan sampah yang di gagaskan DLHK provinsi bersama Anggota DPRD Provinsi Usin Abdisyah Putra Sembiring tersebut.

” Saya berharap pelatihan ini berlanjut untuk kedepannya  semoga masyarakat khususnya di Rt.12.Rw. 05 kelurahan Bumi Ayu Kecematan Selebar Kota Bengkulu ni bisa mengerti cara mengelolah sampah dan manfaatkan limbah rumah tangga di lingkungan rumah masing-masing” demikian Harap Ketua Rt 12. (Zon)