Musim Kemarau, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Minta Pemda Siap Siaga Beri Bantuan Air Bagi Warga Kekeringan 

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Drs.Gunadi Yunir mengimbau Pemerintah Daerah (Pemda) di kabupaten/Kota untuk mewaspadai terjadinya musim kemarau panjang.

“Kita berharap, Pemerintah daerah  untuk siap siaga dan berjaga-jaga akan kemungkinan adanya terjadi  kekeringan disejumlah wilayah karena dampak El-Nino,”jelasnya, Rabu (23/8/2023).

Adanya fenomena alam dimana hujan sudah jarang terjadi dan suhu yang semakin meningkat, Gunadi berharap imbauannya menjadi alarm untuk pihak Pemda setempat.

Karena  Bengkulu masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan bertani. Tentunya kemarau akan sangat berdampak terhadap kehidupan mereka.

“Fenomena ini bisa berdampak pada terjadinya gagal panen untuk sejumlah lahan pertanian yang menggunakan tadah hujan,” tuturnya.

Selain itu lanjutnya, semua pihak juga diharapkan untuk waspada terhadap potensi kebakaran, terutama mengingat angin kencang yang sering terjadi di Provinsi Bengkulu yang berdekatan dengan daerah pantai.

Gunadi yang juga anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu ini berharap, Pemda mulai dari sekarang sudah mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengatasinya jika kekeringan benar-benar terjadi.

Pemda dapat dengan khusus memerintahkan terkait, seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD untuk tetap waspada dan siap tanggap menghadapi bencana.

“Pentingnya pendidikan masyarakat tentang bencana serta instruksi kepada tim penanggulangan bencana juga diharapkan dapat mengurangi kerugian dengan menghadapi potensi bencana secara cepat dan efektif,” Tutupnya.(BR1)adv