Musim Kemarau, Sebanyak 35 Unit Alsintan Pompa Air Milik DTPHP Provinsi Bengkulu Dipinjamkan Ke Kelompok Tani

Musim Kemarau, Sebanyak 35 Unit Alsintan Pompa Air Dipinjamkan Ke Kelompok Tani

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu mengalami dampak kekeringan lahan pertanian akibat cuaca panas El Nino.

Menindaklanjuti hal itu, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu akan membagikan bantuan pompa air bagi para kelompok tani (Gapoktan) yang terdampak kekeringan di musim kemarau.

“Untuk mengatasi dan mengantisipasi dampak kekeringan kita telah membagikan bantuan pompa untuk masing masing kabupaten/kota yang diserahkan ke brigade Alsintan,” kata Rosmala Dewi selaku Plt Kadis Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Senin (18/9/2023).

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu saat ini memiliki sebanyak 35 unit pompa air. Dan sebanyak 7 unit telah disalurkan kepada daerah atau kelompok tani yang membutuhkan untuk mengairi lahan, seperti kabupaten Bengkulu Utara, kabupaten Seluma yang mengalami kebakaran lahan, dan kecamatan Ipuh Kabupaten Muko-muko yang dilanda kekeringan ekstrem.

“Bantuan pompa untuk para kelompok tani yang terdampak kekeringan ini sifatnya berupa pinjaman. Dan harus dikembalikan jika penangan musibah kekeringan ini telah berakhir,” paparnya.

Adapun persyaratan bagi petani yang ingin mengajukan permintaan bantuan unit pompa air harus mengajukan melalui kelompok taninya(GAPOKTAN) dengan surat resmi.(BR1)adv