Bengkulu Selatan Hukum Manna

Oknum Pejabat Puskesmas BS Diduga Kongkalingkong Fiktipkan SPJ Dana Bok

Bengkulu selatan,Beritarafflesia.com- Karena kurang pengawasan dari dinas kesehatan, salah satu Puskesmas dikabupaten Bengkulu selatan diduga melakukan perbuatan yang melanggar hukum, sebab yang terjadi saat ini, ada salah satu puskesmas masih berani  membuat surat  laporan Pertanggungjawaban (SPJ) dalam kegiatan yg terindikasi fiktip.

Hal ini terbongkar saat pergantian jabatan kepala Puskesmas dan pergantian Bendahara tahun Anggaran 2019-2020, sehingga  pejabat yang lama tak bisa membayarkan sisa dana yg belum diselesaikan.

Sedangkankan seharusnya berdasarkan  aturan,bahwa saat serah terima jabatan, pejabat yang lama menyerahkan seluruhnya baik infentaris,maupun sistem administrasi  kepada pejabat yang baru.

Dari pantauan wartawan Beritarafflesia.com,yang juga diperkuat dari  keterangan sumber, membenarkan hal itu terjadi,namun dia belum mengetahui secara pasti apakah sudah dibayarkan atau belum sisa dana tersebut kepada penerima Biaya Operasional Kesehatan (Bok).  

Terpisah, menurut pengakuan Kepala Puskesmas yang baru,saat di konfirmasi membenarkan, bahwa ada kejanggalan pada proses pencairan dana bok saat di jabat kepala puskesmas yang lama, tapi sudah ia selesaikan.

“ Memang proses pencairan Biaya Operasional Kesehatan (BOk) itu ada kejanggalan, karena miskipun SPJ sudah di buat, tetapi penerima dana Bok merasa tidak perna mengetahui ataupun menerima dana tersebut.Saat sertijab kepala puskesmas hanya menyerahkan Personil dan ada sebagian Iventaris kepada saya”Tutup kepala puskesmas yang baru  

Untuk diketahui, Bahwa dana Bok tersebut masih terhitung hutang kepada penerima,namun ironisnya kepala puskesmas yang baru mengetahui jika ada kejanggalan dalam laporan SPJ yang di duga Fiktip tersebut, artinya ada kemungkinan besar dugaan mereka berkorporasi untuk kerjasama melakukan penyelewengan Uang Negara tersebut,” (helmi)

Share this:

Related posts

Polda Bengkulu Gelar Rakor Lintas Sektoral mengenai Kesiapan Pengamanan Operasi Lilin Nala Tahun 2020

Berita rafflesia

Koodinator Konsorsium NASIONAL LSM Propinsi Bengkulu Minta Aparat Penegak Hukum Usut Dugaan Berita “HOAX RB”

Berita rafflesia

Larangan Kampanye Terbuka, Polda Bengkulu Tak Keluarkan Izin Keramaian

Berita rafflesia

Leave a Comment