Operasi Lilin 2023, Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Mematangkan persiapan jelang pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu menggelar apel gelar Pasukan Operasi Lilin Nala, di lapangan apel Rekonfu, Kamis (21/12/2023).

Apel gelar tersebut dipimpin langsung Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Armed Wijaya, MH,. Hadir juga Forkopimda Provinsi Bengkulu, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi, perwakilan Forkopimda Kota Bengkulu, beberapa stakeholder terkait, para Pejabat Utama Polda Bengkulu, dan seluruh peserta apel gelar dari TNI-Polri serta berbagai instansi terkait.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Drs Armed Wijaya, MH, mengatakan Operasi Lilin 2023 dilakukan guna mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru. Operasi tersebut akan berlangsung selama 12 hari yang akan dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 02 Januari 2024.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah gelar apel pasukan, dalam arti kita sudah siap mengamankan perayaan nataru,” ungkap Armed.

Dalam pengamanan nataru, Armed mengatakan, hampir 2 ribu personel dikerahkan yang terdiri dari pihak TNI, Polri dan stakeholder terkait lainnya. Adapun fokus pengamanan nataru kali ini adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas hingga permasalahan lainnya sesuai dengan instruksi Kapolri.

Adapun pengamanan yang menjadi perhatian tersebut meliputi tempat ibadah, objek wisata, pusat perbelanjaan, termasuk mendirikan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, serta antisipasi terjadinya bencana alam.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu, banyak kecelakaan lalulintas, acara kembang api bahkan ada wisatawan yang meninggal di pantai. Itu yang kita fokuskan. Meskipun begitu, hal-hal seperti bencana alam, radikalisme dan lainnya tetap kita antisipasi,” tegas Armed.

Sementara itu, terkait pengamanan gereja saat perayaan natal. Armed menjelaskan semuanya sudah dipersiapkan dan pihaknya akan melakukan pemantauan selama natal berlangsung.

“Setiap gereja sudah kita pantau, dan anggota sudah kita kerahkan di semua gereja,” tuturnya.

Lebih lanjut, dalam mengurai kemacetan pada perayaan nataru. Pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas di berbagai titik, salah satunya di kawasan pantai panjang.

“Tahun baru nanti kita akan berlakukan satu jalur di kawasan pantai panjang,” tambahnya.

Selain itu, mengingat perayaan natal dan tahun baru kali ini bersamaan dengan masa kampanye pemilu serentak tahun 2024. Seluruh pihak terkait diminta untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka menjaga stabilitas keamanan guna kelancaran masa kampanye di Provinsi Bengkulu.(BR1)