Pemerintahan Provinsi Bengkulu

Pejabat Kominfo Lebong Masuk KONI, Ditegur Mendagri

BENGKULU, Beritarafflesia.com —  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Bahtiar menegur Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu beserta Sekda Lebong Mustarani atas pengangkatan Plt Kadis Kominfo Lebong Doni Swabuana yang masuk dalam jajaran KONI.

Peraturan mengenai netralitas KONI tersebut termasuk dalam Pasal 40 UU Nomor 30 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, yang berisikan pelarangan Jabatan Pejabat Pubik dan Pejabat Strukural pada Kepengurusan Koni serta Pasal 56 ayat 1 PP 16 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan Nasional yang merupakan regulasi terkait struktur, yakni larangan Pejabat Struktural dan Pejabat Publik menjadi pengurus KONI. Pejabat Struktural dan Pejabat Publik dimaksud dijelaskan berikutnya pada ayat (2) dan ayat (3).

Lebih jauh, larangan tersebut juga tertuang dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 800/2398/SJ tanggal 28 Juni 2011 Hal Larangan Perangkapan Jabatan pada Kepungurusan KONI dengan Jabatan Struktural dan Jabatan Publik..

“Pengurus KONI harus bebas dari  pengaruh maupun potensi intervensi pihak manapun demi menjaga netralitas serta profesionalisme,” papar Bahtiar.

Berdasarkan peraturan di atas, teguran pun dilayangkan atas Gubernur Provinsi Bengkulu serta pejabat yang bersangkutan.

“Saya sarankan sebaiknya Pemda bersurat kepada Kemendagri minta pendapat masukan, supaya tak ada masalah hukum dikemudian hari. Kasian juga aparat bermaksud berniat baik urus olah raga tapi malah bermasalah hukum,” pungkas Bahtiar.(RN)

Share this:

Related posts

Pemkot Bengkulu Berikan Bantuan Alat Musik Ke Komunitas Musik Hadroh

Berita rafflesia

30 Personil Polri Unjuk Kemampuan dan Penyematan Brevet Dokpol

Berita rafflesia

Transformasi Digital di Era Covid-19 Dapat Wujudkan Efisiensi Anggaran Negara

Berita rafflesia

Leave a Comment