Pemdes Puguk Meranti Menggelar Sosialisasi Stunting dan Gizi Buruk

KEPAHIANG, Beritarafflesia.com – Mengantisipasi ancaman penyakit di tengah masyarakat, pemerintah desa (Pemdes) Puguk Meranti, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang, menggelar sosialisasi stunting dan gizi buruk.

Sosialisasi yang dibentang di Balai Desa setempat, Rabu (9/8/23) itu, dihadiri langsung Camat Ujan Mas, Suharman. “Kalau semuanya sehat semua lancar melakukan aktivitas sehari-harinya,” ujar Kades Puguk Meranti, Suharman.

Acara sosialisasi kata dia, sebagai rembuk Stunting. Sesuai program pemeritah akan peduli kesehatan masyarakat. Yang hadir juga tidak hanya camat dan tenaga ahli dari kabupaten, kecamatan, dan desa. Tetapi para tenaga Puskemas dan ibu-ibu hamil pun ikut serta.

“Stunting yakni program unggulan Pemeritah dari tahun ke tahun. Ini tujuannya tidak lain jangan sampai anak-anak makananya kurang gizi. Bila kekurangan gizi akan merusak pertumbuhan dan kesehatan para anak,” papar Suharman.

Maka kegiatan rembuk Stunting ini digalakkan, dan kerjasama seluruh elemen terkait. Ini tak lain supaya ancaman semua penyakit kepada masyarakat berkurang.

Sosialisasi Stunting ini respon dari Plh Camat Ujan Mas, Fajar Jaya. kata dia, kegiatan rembuk Stunting adalah program pemerintah pusat yang diimplementasikan langsung ke pemerintah desa.

“Kegiatan ini tentu sangat penting untuk antisipasi supaya anak-anak tidak terkena gizi buruk atau cacat fisik. Mari berkerja sama, apa saja kekurangan yang ada di desa, kita sama-sama mengusulkan kepada pemerintah provinsi dan pusat. Ini dapat diusulkan– seperti makanan tambahan, sarana prasarana serta makanan tambahan untuk lansia,” demikian Fajar.(Jon)