Pemdes Rawa Mulya Mukomuko Lakukan Vaksinasi

Petugas kesehatan dari PUSKESMAS Lubuk sanai siap melayani warga desa Rawa Mulya kabupaten Mukomuko

Mukomuko,Beritaraflesia.com– Pemerintah desa Rawa Mulya kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko melaksanakan vaksinasi didibalai desa Rawa Mulya, senin (25/102021)

Tampak hadir pada saat itu Camat XIV Koto dan rombongan ibu bupati. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan sekaligus menekan angka penderita yang terpapar virus corona. Sebagai penyelenggara acara ini adalah dinas kesehatan Mukomuko melalui Puskesmas Lubuk Sanai kecamatan XIV Koto.

Warga yang ingin di vaksinasi harus mematuhi Protokol kesehatan, di antarannya pakai masker dan cuci tangan sebelum memasuki gedung balai desa.

Tampak warga sedang antri untuk mendapatkan vaksin

Selain itu mereka yang hendak di vaksin pertama kali harus melakukan skrining awal di antaranya mengukur tekanan darah atau tensi. Tensi ini perlu di lakukan mengingat tidak semua orang bisa di beri vaksin. Jadi mereka yang memiliki hipertensi  di atas 170mg/ dl ke atas di tangguhkan dulu, dengan kata lain mereka di normalkan dahulu tekanan nya, dan baru bisa di berikan.

Setelah melakukan skrining awal, di lanjutkan dengan skrining lanjutan berupa wawancara kepada calon penerima manfaat vaksin yang mana mereka di Tanya apakah mereka memiliki penyakit bawaan, atau sedang melakukan terapi yang di anjurkan oleh dokter.

Apabila mereka memiliki penyakit bawaan tidak boleh di berikan vaksin dan mereka yang sedang melakukan terapi di anjurkan untuk menyelesaikan terapinya sampati tuntas dan dinyatakan oleh dokter layak menerima vaksin. Hal ini di lakukan atas anjuran KEMENKES RI dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai standar pemberian vaksin.

Lia sapuan sedang menjelaskan keadaan Mukomuko tererkini sekaligus memberikan himbauan

Di tempat yang sama KADES Rawa Mulya Paryono mengatakan bahwa baru sekitar 30 % yang bersedia di vaksin.  Beliau akan memaksimalkan dan menggerakan warganya, untuk bersedia di beri vaksin sebagai langkah kongkrit dengan jalan memberi edukasi kesehatan melalui petugas puskesmas yang akan keliling.

“ Saya akan berkoordinasi dengan ptugas puskesmas untuk memberikan pengarahan kepada warga agar mereka bersedia di vaksin” tuturnya

Gerai vaksin itu juga di hadiri ibu bupati Lia Sapuan, dan sebelum meninggalkan desa Rawa Mulya beliau memberikan gambaran umum keadaan Mukomuko terkait dengan COVID 19

“ Kondisi Mukomuko sekarang berada pada zona hijau yang berarti cenderung aman dan sekarang kami berada di balai daerah desa Rawa Mulya sedang melakukan vaksinasi sebagai lankah pencegahan, namun warga di himbau tetap melakukan protocol kesehatan sampai betul – betul di nyatakan aman secara menyeluruh”, Imbuhnya.(Byg)