Kepahiang Pemerintahan

Pemkab Kepahiang Kembangkan Penanaman Bibit Penahan Longsor

KEPAHIANG, Beritarafflesia.com – Antisipasi bencana longsor, Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU menggelar penanaman bibit rumput vetiver. Vetiver sendiri merupakan tanaman yang diperaya dapat menjadi penahan longsor.

Penanaman tersebut dilakukan pada Senin, (10/2/2020), di lahan milik BPBD Kepahiang di kompleks perkantoran Pemkab Kepahiang.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolres Kepahiang, Perwakilan TNI, Kepala BPBD, Kepala DLH Kepahiang serta staf BPBD Kepahiang.

Dijelaskan Kepala BPBD Ir. Taufik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang saat ini tengah menanam sekitar 750 batang vetiver. Diharapkan dalam waktu 6 bulan, bibit sudah berkembang.

“Selanjutnya bibit akan kita tanaman didaerah yang rawan longsor,” jelas Taufik.

Bupati Hidayatullah mengatakan bahwa diharapkan penanaman vetiver yang dikenal memiliki akar-akar yang panjangnya bisa mencapai 5 meter ini dapat menahan erosi, terutama di lahan-lahan yang rawan longsor.

“Ketuatan akarnya 1/6 kawat baja dan ini program nasional untuk pencegahan bencana longsor. Harus kita dukung dan kembangkan. Untuk sementara kita tanam didemplot pengembangan bibit milik BPBD dulu,” ungkap Bupati Hidayatullah.(Fr)

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU Tanam Bibit Penahan Longsor, Senin (10/02/2020)

Share this:

Related posts

Yuliswani Ikuti Rapat sosialisasi Tim PERJAKA

Berita rafflesia

Pasangan ini Takjub Bisa Gunakan Mobnas Kepala Daerah saat Menikah

Berita rafflesia

Terapkan protokol kesehatan, Sholat Idul Adha 1441 H berjalan khidmat

Berita rafflesia

Leave a Comment