Pemkot Bengkulu Tegaskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Secara Gratis

Bengkulu,Beritarafflesia.Com– Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menegaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan secara gratis dan tidak berbayar.

Penegasan tersebut dilakukan sebab, banyak informasi yang menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi dilakukan berbayar.

Dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Joni Haryadi Thabrani, Jumat (12/1). Sebelum pelaksanaan vaksinasi, pihaknya akan mendata terlebih dahulu dan mengumpulkan warga yang ingin melakukan vaksinasi, sebab satu vial vaksin Covid-19 untuk 10 orang.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pendataan.

“Ketersediaan vaksin Covid-19 saat ini sudah tersedia di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan jika ada warga Kota Bengkulu yang ingin suntik vaksin untuk segera mendaftar ke fasilitas kesehatan yang ada,” ujarnya.

Selain untuk masyarakat umum, lanjut Joni, saat ini seluruh calon jemaah haji dan umroh wajib melakukan vaksinasi Covid-19 sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah mengajak masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dosis penguat sebagai salah satu langkah mencegah tertular kasus baru Covid-19.

Dalam hal ini, Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menghimbau agar seluruh masyarakat melengkapi vaksin booster tahap satu.

Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu melalui Asisten I Eko Agusrianto mengatakan, Pemkot Bengkulu menyediakan layanan vaksinasi booster di seluruh Puskesmas, diharapkan masyarakat dapat melengkapi vaksin untuk membantu meningkatkan antibodi sehingga risiko penularan virus Covid bisa ditekan.

Vaksin ini juga sebagai upaya untuk memutuskan rantai penularan COVID-19 dan mencegah terjadinya mutasi menjadi varian-varian selanjutnya seperti XBB.

Lebih lanjut, Eko juga mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup sehat, terutama mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah segala bentuk penularan penyakit, termasuk Covid-19.

Selain itu, ia meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga, mencuci tangan, memakai masker, serta mengonsumsi vitamin bila dibutuhkan.

Setelah itu, masyarakat juga diminta mencegah penularan Covid-19 dengan menjaga jarak, tidak beraktivitas dalam kerumunan, kesadaran melakukan karantina mandiri ketika terdeteksi tertular Covid-19 dan segera mendapatkan pengobatan di fasilitas kesehatan.(BR1)