Pemprov Bengkulu Siapkan 121 Bus Angkutan Persiapan Mudik Idul Fitri 2024

Salah satu PO bus terbesar di Provinsi Bengkulu PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) yang juga menyediakan layanan transportasi Lebaran Idul Fitri 2024.

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Provinsi Bengkulu menyiapkan 121 bus yang akan beroperasi pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024.

“Kami dari dinas perhubungan telah menyiapkan pelayanan angkutan Bus sebanyak 121 armada, dari 7 PO Bus AKAP,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Bambang Agus Supra Budi di Bengkulu, Kamis

Transportasi mudik lebaran tersebut melayani pemudik untuk rute Pulau Sumatera dan Jawa. Untuk rute Jawa, yang terjauh yakni sampai ke Provinsi Jawa Timur.

“Untuk personel, kami sudah menyiapkan untuk angkutan darat 30 dan personel angkutan laut 15 personel,” kata Bambang Bambang.

Selain armada lebaran, Pemerintah Provinsi Bengkulu tentunya juga berupaya memastikan kondisi kendaraan laik operasi, serta juga melakukan pengecekan kondisi kesehatan pengemudi demi memastikan pemudik selamat sampai tujuan, mencegah kejadian kecelakaan yang disebabkan oleh faktor kondisi kendaraan maupun pengemudi.

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar setidaknya ada tiga aspek yang perlu diperhatikan untuk pengamanan Idul Fitri. Pertama, memastikan masyarakat bisa beribadah dengan tenang serta khusuk, khusus umat muslim yang menjalankan ibadah puasa hingga Idul Fitri nantinya.

Kemudian yang kedua, menurut Khairil Anwar yakni menjaga persediaan pangan dan stabilitas harga pangan khususnya bahan pokok.

“Selanjutnya yang ketiga, dicek betul kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang digunakan, ini nanti tugasnya dinas perhubungan agar dapat mempersiapkannya. Supaya nanti tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Khairil.

Selain itu juga lanjut Khairil, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Karena mudik lebaran tahun ini diprediksi meningkat daripada tahun sebelumnya, terlebih lagi bagi masyarakat yang memang sudah lama tidak mudik.

“Selain kami memperhatikan beberapa aspek di atas, yang tidak kalah pentingnya adalah soal pelayanan kesehatan baik itu yang ada di puskesmas yang dilewati jalan lintas pemudik maupun pos pelayanan kesehatan Idul Fitri 1445 H,” ujarnya.(BR1)