Kota Bengkulu Pemerintahan

Pemprov Pastikan Pilkada Ditengah Pandemi Covid-19 Berjalan Sukses

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Provinsi Bengkulu khususnya di masa pandemi Covid-19 dipastikan akan berjalan dengan lancar, hal ini disampaikan Plt. Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Supran usai Sosialisasi Tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 melalui virtual meeting, Kamis (18/6).

“Kita sudah mendengar apa yang di sampaikan Ketua KPU Provinsi Bengkulu terkait tahapan – tahapan Pemilu, kita yakin akan berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan,” jelas Supran.

Ditambahkan Supran, ada protokoler kesehatan harus di patuhi dalam pelaksanaan Pilkada, untuk itu pihaknya akan terus memaksimalkan hal – hal yang menjadi tanggung jawab Pemprov Bengkulu.

“Pelaksanaan memang harus kita perhatikan dan kelemahan – kelemahan yang ada saya pikir seiring waktu bisa dilakukan evaluasi oleh KPU termasuk Pemprov Bengkulu, sehingga proses penyelenggaraan Pemilukada Provinsi Bengkulu akan dapat berjalan sesuai tahapan yang direncanakan,” tambah Supran.

Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada yang ditetapkan pada Jumat, 12 Juni 2020. PKPU ini merupakan perubahan dari PKPU Nomor 15 Tahun 2019. Revisi dilakukan sesuai tahapan, program, dan jadwal Pilkada yang disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19.

Dijelaskan Kepala KPU Provinsi Bengkulu Irwan Syaputra, pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2020 ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, Untuk itu KPU Provinsi Bengkulu telah menetapkan stndar protokol kesehatan Covid-19 pada tahapan pilkada 9 Desember mendatang.

“Namun, untuk pelaksanaan Pemilu ditengah pandemi dilakukan untuk seluruh tahapan pemilihan dengan penyesuaian – penyesuaian di penyelanggaraan pemilihan, ini pertama kali dilakukan oleh KPU, karena itu kita belum punya contoh, belum bisa belajar kepada regulasi-regulasi yang sudah dikenal publik, belum ada yusprudensi di Bangsa Indonesia dalam pelaksanaan pemilihan serentak 2020,” jelas Irwan. (Mc)

Baca Juga: Jelang Pilkada Ditengah Pandemi, KPU Provinsi Bengkulu Gelar Sosialisasi

 

Share this:

Related posts

Wawako Dedy Wahyudi Ditunjuk Jadi Penasihat SMSI

Berita rafflesia

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Mobil Ambulans Pinjam Pakai Ke LDII

Berita rafflesia

Pemkot Pastikan Rumah Dua Warga Korban Kebakaran Dibangun

Berita rafflesia

Leave a Comment