Hukum Lebong

Penambang Emas Tanam Ganja, Untuk Konsumsi Sendiri

LEBONG, Beritarafflesia.com – Seorang pemuda berinisial EF (30) warga Lebong, ditangkap oleh pihak yang berwajib lantaran menumbuhkan tanaman ganja secara ilegal pada Kamis (9/1/2020) pukul 00.30 WIB.

Setelah dimintai keterangan, ppemuda yang sehari-harinya berprofesi sebagai penambang emas tersebut mengaku bahwa ini adalah kali pertama ia menanam tanaman terlarang tersebut. EF yang mendapatkan bibit dari temannya yang berdomisili di Desa Talang Leak, Kecamatan Bingin Kuning,  menanam bibit tersebut secara diam-diam di lahan perkebunan milik orang lain. Alhasil, dari kediaman EF, polisi menyita 1 pot dan 13 polibek bibit ganja sebagai barang bukti.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur, S.IK yang didampingi Kasat Res Narkoba, AKP Yudha Setiawan, S.H. saat pers rillis Polres Lebong, Rabu (15/1/2019) memberikan rincian atas penagkapan tersebut.

“Bibit itu rencananya untuk ditanam di kebun-kebun warga secara acak, saat perjalanan pergi ke tambang emas di wilayah Ladang Palembang,” ujar Ichsan.

Sebagai bentuk penyamaran, pelaku menanam bibit ganja tersebut dengan bibit ganja. “Biasanya ini bibit cabai di atas, di bawah ganja. Untuk membedakannya bisa dilihat jumlah cabang daun, ganja inikan empat, cabai dua,” papar Ichsan.

Saat ditanyai mengenai cara menanam, EF mengaku modus pengembang biakan-ganja yang dilakukannya di pelajari otodidak melalui palatform youtube. “Belajar sendiri dari youtube, ditanam untuk konsumsi sendiri,” ungkapnya.

Untuk pengembangan kasus, Sat Res Narkoba Lebong bakal melakukan meneliti lebih jauh terkait oknum  yang terlibat, seperti penyuplai bibit atau oknum yang sudah menanam ganja di lahan mereka.

EF terancam pasal 111 ayat (1), ayat (2) UU RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika.“Ancaman minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara,” tutup Ichsan. (Cecep)

 

Share this:

Related posts

Ramah Tamah Bupati dan Wakil Bupati Bersama OPD Kab. Lebong

Berita rafflesia

Jadi Bandar Narkoba, Warga Lubuk sahung Ditangkap Polisi

Berita rafflesia

Seorang Kuli Bangunan Kecamatan Selebar Ditangkap Polisi

Berita rafflesia

Leave a Comment