advertorial Bengkulu Selatan Pemerintahan

Penetapan RKPDES Desa Babatan Ulu Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2021

Bengkulu Selatan, Beritarafflesia.com- Agar pengolahan dana desa yang transparan, akuntable, partisipatif, tertib dan disiplin sesuai dengan Permendagri no 113 tahun 2014 dan berdasarkan ketentuan undang-undang no 6 tahun 2014 tentang Desa beserta peraturan pelaksanaannya maka pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa) sebagai satu-satunya dokumen perencanaan di desa.

Didasarari Permendagri tersebut Pemerintah Desa Babatan Ulu Kecamtan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Musyawarah Desa dalam rangka menyusun sekaligus menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) bertempat di Balai Desa Babatan Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan (28/09/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh langsung Camat Seginim, Babinsa, Kepala Desa Babatan Ulu, BPD, pendamping Desa serta masyarakat.

Kepala Desa Babatan Ulu Jon Sahari, SE memaparkan bahwa kegiatan musyawarah desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, kegiatan ini sangat penting karena dengan musyawarah ini menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPDes untuk tahun yang akan datang.

“Musyawarah RKPdesa ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa, semoga bisa terealisasi pada tahun 2021 nanti,” ungkap Kades.

Dirnya mengatakan Musdes RKPDes untuk tahun 2021 ini menampung aspirasi masyarakat disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kades dan perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahun 2021.

Dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2021 itu ada pun hasil keputusan bersama yakni pembangunan WC umum, pembangunan jalan sentra produksi di 3 titik, jalan rabat beton sepanjang 500 meter serta pemasangan internet desa sebanyak 1 unit, selain itu masyarakat juga mengajukan program stunting berupa penambahan alat kesehatan desa serta meningkatkan pendidikan anak usia dini kuhususnya di desa Babatan.

“Maka selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal prioritas tersebut untuk menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penetapan RKPDes tahun 2021 dan akan dimasukan dalam praAPBDes maupun mudes penetapan APBDes tahun 2021,” Jelas Jon.

Usai pemaparan pokok-pokok pikiran dan pemaparan realisasi kegiatan tahun berjalan, serta aspirasi masyarakat yang akan di muat dalam RKP Desa di lanjutkan dengan pembentukan tim penyusun RKPDesa tahun 2021.

“Untuk Bidang Pembangunan Desa, semua kegiatan yang dibiayai oleh Dana Desa harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup masyarkt serta penanggulangan kemiskinan. Sedangkan untuk Bidang PemberdayaanMasyarakat Desa, kegiatan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat desa dengan mendayagunakan potensi dan sumberdaya yang ada di desa. sehingga harapannya program-program yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang ingin dicapai sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat Desa Babatan”. Papar kades. (Adv/Yanto)

Share this:

Related posts

Kegiatan Serah Terima Pembekalan Lokakarya I KKN-T IPB Dilakukan Secara Daring

Berita rafflesia

Gubernur Rohidin: Perkuat Sinergi, Dalam Memutus Mata Rantai Covid-19

Berita rafflesia

Upaya Antisipasi Corona, Pemprov Semprotkan Disinfektan Pintu Masuk Bengkulu

Berita rafflesia

Leave a Comment