Perbaikan Jalan di Provinsi Bengkulu Rampung Sebelum Arus Mudik Lebaran 2024

Pemerintah memperbaiki jalan nasional penghubung Bengkulu dengan jalur lintas tengah Pulau Sumatra, yang berada di Kawasan Liku Sembilan Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah yang amblas pada Sabtu pagi 13 Januari 2024.

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Pemerintah Provinsi Bengkulu memastikan perbaikan jalan rampung sebelum arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024.

“Saya sudah perintahkan Dinas PUPR Provinsi Bengkulu memperbaiki jalan dalam menyambut arus mudik nanti,” kata Gubernur Rohidin, di Bengkulu, Senin (25/3/2024).

Gubernur Rohidin mengatakan infrastruktur jalan kabupaten kota di Provinsi Bengkulu perbaikannya juga segera rampung sebelum memasuki arus mudik.

“Kami ada anggaran rutin perbaikan jalan di kabupaten dan kota, saya sudah perintahkan gunakan anggaran itu sesegera mungkin, kami pastikan nanti para pemudik nyaman melintasi jalan-jalan provinsi,” kata dia.

Sejumlah perbaikan jalan di Provinsi Bengkulu saat ini sedang dikebut agar dapat dimanfaatkan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024 ini.

Salah satu infrastruktur penting yang juga ikut diperbaiki yakni jalan nasional penghubung Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu, dengan Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Jalan yang berada di Kawasan Liku Sembilan Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah itu amblas pada Sabtu pagi 13 Januari 2024. Jalan amblas karena curah hujan yang tinggi sehingga membuat jalan ambles dan longsor.

Kawasan Liku Sembilan merupakan jalan nasional yang menyusuri lereng jajaran Bukit Barisan. Sehingga jalan diapit dinding tebing bukit dan jurang di sisi sebaliknya.

Ketika curah hujan tinggi, sejumlah jalur di jalan nasional Kota Bengkulu menuju lintas tengah Pulau Sumatera di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan rawan terjadi longsor maupun amblas.

Kondisi kerusakan jalan tersebut mengganggu arus kendaraan dari Bengkulu ke jalan lintas tengah pulau tengah Pulau Sumatera, maupun sebaliknya. Pemerintah Provinsi Bengkulu pun bergerak aktif mendukung kerja-kerja Pemerintah Pusat termasuk berkoordinasi dalam membangun ulang jalan lintas nasional dari dan ke luar Bengkulu tersebut.(BR1)