Bengkulu Selatan Pemerintahan

Permudah Pelayanan Kesehatan, Bupati Gusnan Rancang Program Berobat Pakai KTP

BENGKULU SELATAN, Beritarafflesia.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan terus berinovasi dalam mudahkan pelayanan pemerintah terhadap rakyat.

Di tahun 2021 pemerintah setempat rencananya akan meluncurkan program Jamkesda, yakni pengobatan gratis cukup dengan menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK).

”Saya tidak ingin anggaran Rp20 Miliar lebih untuk membayar premi BPJS. Ini terkesan hanya mengenakkan dan menghidupi BPJS saja. Makanya, saya berkeinginan di tahun 2021 nanti, seluruh warga Bengkulu Selatan bisa berobat gratis, tanpa BPJS, cukup dengan persyaratan KTP,” ujar Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, pada Kamis (23/1/2020).

Bupati Gusnan menjelaskan bahwa premi yang dibayar pemda dibandingkan dengan klaim BPJS justru lebih besar. ”Coba hitung berapa klaim BPJS di tahun 2019 dan 2020. Setelah dihitung, bandingkan dengan besarnya anggaran yang kita keluarkan untuk bayar iuran BPJS. Kalau nilainya jauh di bawah premi yang kita bayar, ngapain kita pakai BPJS. Saya ingin, di 2021 seluruh warga yang sakit biaya berobatnya ditanggung pemda, cukup pakai KTP saja,” tegas Bupati Gusnan.

Bupati Gusnan menginginkan kesehatan warga Bengkulu Selatan untuk dapat selalu terjamin. ”Saya berkeinginan warga Bengkulu Selatan berobat gratis di rumah sakit mana saja. Di Bengkulu Selatan, Bengkulu maupun luar Bengkulu,” harap Gusnan.

Terkait program Jamkesda, Bupati Gusnan akui masih banyak kekurangan. Misalnya, masih ditemukan adanya laporan dari masyarakat bahwa penerima BPJS Kesehatan, dinilai belum tepat sasaran. Untuk itu, proses pendataan secara mendetail harus segera diselesaikan.

”Makanya saya minta kepada Kades, Camat, Dinas Sosial dan instansi terkait untuk melakukan verifikasi data dan mengusulkan kembali warga yang belum dapat BPJS, terutama warga yang memang sangat membutuhkan,” demikian Gusnan. (ADV/A.Murad)

Permudah Pelayanan Kesehatan, Bupati Gusnan Rancang Program Berobat Pakai KTP

 

Share this:

Related posts

Bupati Benteng Hadiri Acara Pelantikan Ketua HIPMI Periode 2020-2023

Berita rafflesia

Pemkot Besok Launchingkan Rangkaian Kegiatan HUT Kota Bengkulu ke-301

Berita rafflesia

Sinergi TNI/Pemprov Bengkulu: Membangun Bangsa, Perkuat Penanganan Covid-19

Berita rafflesia

Leave a Comment