IAIN Kota Bengkulu

Perubahan Status IAIN Ke UIN Diproyeksi Meningkatkan Perekonomian Bengkulu

BENGKULU, Beritarafflesia.com – Perubahan status IAIN Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri merupakan kemajuan yang bagus bagi dunia pendidikan Bengkulu.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD komisi IV Provinsi Bengkulu, Dempo Xler. Menurut Dempo, dengan berubahnya status IAIN menjadi UIN,akan menambah jumlah Universitas Negeri di Bengkulu, menjadi 2PTN. 2 PTN tersebut diharapkan dapat bersaing dengan PTN di daerah-daerah lain.

Penggantian status tersebut, menurut Dempo, juga akan berimbas baik terhadap perekonomian Bengkulu.  “Nantinya, dengan berubahnya status IAIN menjadi UIN akan menambah bangunan baru, gedung baru, jurusan baru dan lain-lainnya. Dengan begitu juga akan berdampak pada lingkungan sekitar kampus tersebut. Seperti penambahan rumah makan, rumah kontrakan, laundry, konter dan lain-lainny,” jelas Dempo.

Dengan proyeksi perekonomian membaik tersebut, Dempo menjelaskan bahwa perubahan status IAIN menjadi UIN perlu mendapatkan dukungan oleh para dewan. “Multi efeknya sangat jelas, perekonomian akan hidup karena semua akan bertambah ramai. Kita selaku DPRD setuju dan mendukung hal itu. Terlebih lagi dukungan dari DPR dan DPD dapil Bengkulu yang saat ini duduk di Senayan itu yang paling penting,” paparnya.

Sementara itu, Asisten 2 Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani, menjelaskan bahwa hingga saat ini, pihakPemprov masih berusaha keras untuk dapat mempercepat proses perubahan satuts tersebut agar bisa diresmikan pada momen kunjungan Presiden Jokowi ke Bengkulu pada awal Februari nanti.

“Sebelumnya Gubernur bersama rektor telah menghadap Menko PMK untuk mendorong penyelesaian Perpres Mei. Kemudian, juga sudah ada beberepa kementerian yang memberikan surat rekomendasi untuk transformasi menjadi UIN,” pungkas Yuliswani. (FHR)

Share this:

Related posts

DPRD Kota Bengkulu Rapat Paripurna LKPJ Digelar Pekan Depan

Berita rafflesia

PW-NU APRESIASI KINERJA ERA GUBERNUR ROHIDIN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH

Berita rafflesia

Dalam Penerapan New Normal, PMKRI dan IMAPA Beri Masukan Pemkot Bengkulu

Berita rafflesia

Leave a Comment