Daerah Kaur

Pesona Air Terjun di Muara Sahung

Kaur, Beritarafflesia.com –  Kabupaten Kaur, menyimpan pesona alam yang luar biasa indahnya. Bukan hanya pantai yang begitu menawan, Kaur juga memiliki wisata air terjun yang tak kalah cantiknya. Empat air terjun diantaranya berada di wilayah Kecamatan Muara Sahung. Seperti air terjung di SP 1 Desa  Tri Tunggal Bakti. Untuk menuju air terjun ini cukup berjalan kaki 15 menit dari rumah kepala desa. Kemudian ada juga air terjun di SP 3 Desa Bukit Makmur Kecamatan Muara Sahung, untuk sampai ke lokasi pengunjung bisa menggunakan mobil dan motor. Dari lokasi ke tempat parkir mobil dan motor, wisatawan akan berjalan kaki kembali lebih kurang 15 menit. Kemudian air terjun di SP 8 Desa Cinta Makmur, juga bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat.

Dan yang terbaru saat ini adalah air terjun yang berada di Desa Ulak Bandung. Air terjun ini baru dan menariknya air terjun ini berada dalam goa. Sebagian masyarakat yang datang, sangat takjub dengan air terjun di Ulak Bandung ini. Belum banyak warga yang mengetahui keberadaan air terjun ini.

“Untuk di Kecamatan Muara Sahung sendiri ada empat air terjun yang memang sangat indah dan mulai dikenal masyarakat saat ini. Bahkan ada yang berada di dalam goa air terjunnya seperti di Desa Ulak Bandung. Namun sayang karena kurang promosi sehingga baru saat ini mulai dikenal pada hal sudah lama. Untuk itu kita sangat berharap kepada OPD terkait dan juga dewan untuk membuat akses jalan ke lokasi air terjun agar bisa menjadi tempat wisata baru. Dan juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitarnya nanti,” terang Camat Muara Sahung, Salehjon.

Salah seorang pengunjung air terjun, Maya  mengatakan, air terjun SP 1 dan SP 3 Kecamatan Muara Sahung sangat indah. Bahkan airnya yang dingin, sangat segar untuk mandi. Saat ini sudah banyak yang datang, namun lokasinya masih sangat perawan dan kurang bersih. Jika dikelola dengan baik, pihaknya yakin akan banyak pengujung ke lokasi air terjun di Muara Sahung.

“Kalau bosan mandi pantai, kita pikniknya ke air terjun di Muara Sahung. Selain keindahannya, airnya dingin juga banyak pilihan. Apalagi saat ini pengujung belum begitu ramai, jadi bisa mandi sepuasnya. Kita juga sangat menyayangkan air terjun yang banyak di Muara Sahung belum dikelolah secara maksimal saat ini,” ungkap Maya.

Kabupaten Kaur yang selama ini terkenal dengan wisatanya, tidak hanya pantai yang saat ini menjadi banyak dikunjungi wisatawan. Namun juga air terjunnya juga tidak kalah menariknya, belum lagi bunga rafflesia yang juga hampir setiap saat ditemukan mekar di Kabupaten Kaur. (***)

Share this:

Related posts

Paripurna DPRD Lebong Agenda Pengambilan Sumpah Pergantian WK I

Berita rafflesia

Hasil Uji Swab, Pasturi Asal Kaur Positif Covid-19

Berita rafflesia

Melaksanakan Kegiatan Gerakan Klik Serentak Dengan Mengunjungi www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Berita rafflesia

Leave a Comment