Hukum Provinsi Bengkulu

Petugas Tembak Kaki Pelaku Curanmor 8 TKP

SELUMA, Beritarafflesia.com – Petugas Sat Reskrim Polres Bengkulu menangkap pria dengan inisial HE (43), warga Desa Lubuk Banyau Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara atas tuduhan kasus pencurian di 8 tempat kejadian perkara (TKP).  HE ditangkap petugas di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, pada Minggu (5/1/2020) sekitar pukul 10.00 WIB. Tersangka yang sempat berusaha kabur dilumpuhkan petugas dengan tembakan.

Pada Kamis (07/11/2019) lalu, HE diduga melakukan pencurian di kawasan GOR Kelurahan Sawah Lebar Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Pada pencurian tersebut, tersangka berhasil membawa kabur motor jenis Yamaha Mio milik salah satu tamu yang menghadiri acara Porwil X Sumatera.

Berdasarkan hasil pengembangan, pelaku juga melakukan curanmor di Pasar Minggu dan penggelapan sepeda motor di depan Hotel Santika Kota Bengkulu. Modus yang digunakan HE adalah dengan jalan berpura-pura menolong untuk mengambil sepeda motor korban kecelakaan yang terjatuh di depan Hotel Santika. Namun, pelaku yang bermodus menolong korban dengan mengambil sepeda motor tersebut tidak kunjung kembali.

Kasat Reskrim Polres Bengkulu AKP Indramawan Kusuma Trisna melalui KBO Reskrim Polres Bengkulu Iptu J Manurung memaparkan rincian terkait serangkaian tindakan pencurian yang telah dilakukan HE dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Bengkulu.

“Hasil pengembangan, pelaku ini sudah lima kali masuk penjara atas kasus yang sama. Jadi pelaku ini residivis yang sudah beraksi di delapan TKP itu yang baru ketahuan dan saat ini masih kita kembangkan,” papar J Manurung.

J Manurung mengatakan bahwa pihaknya masih mengembangkan untuk adanya indikasi keterlibatan pelaku lain.

“Barang bukti yang sudah kita amankan adalah tiga unit sepeda motor, dua unit hasil pencurian dan satu unit penggelapan. Untuk saat ini, berdasarkan pengakuan pelaku, dia beraksi sendiri,” ungkap J. Manurung.

Atas perbuatan tersebbut, pelaku dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 363 KUHP Jo 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara dan Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan atau Pasal 372 KUHP tindak pidana penggelapan dengan ancaman penjara 4 tahun. (Cecep)

 

Share this:

Related posts

Sekda Hamka Sabri Ikuti Rapat Leadership Coaching Bersama Ketum IKAPTK

Berita rafflesia

Tekan Angka Penyalahgunaan Narkotika, Polda Bengkulu Gelar Operasi Antik

Berita rafflesia

Dinyatakan Lulus Diksar 81 Satpam, Dapat Arahan Dan Pesan “Jaga Kehormatan Profesi Satpam”

Berita rafflesia

Leave a Comment