Hukum Kota Bengkulu

Polres Bengkulu Larang Mobil Jenis Pick Up Bawak Penumpang Saat Merayakan Tahun Baru

Kota Bengkulu,Beritarafflesia.com– Satuan Polisi Lalu lintas (Satlantas) jajaran Polres kota Bengkulu melarang masyarakat baik di dalam kota maupun keluar Kota Bengkulu yang melaksanakan liburan Natal dan tahun baru dengan membawa penumpang menggunakan mobil jenis Pick Up atau bak terbuka, kerena di anggap membahayakan keselamatan dan tidak mengikuti protokol kesehatan akibat tidak menjaga jarak.

Disampaikan Kasat Lantas Polres Bengkulu, AKP Kadek Suwantoro menggunakan mobil angkutan barang untuk mengangkut orang ialah melanggar undang-undang, lantaran mobil pikap atau mobil bak terbuka hanya digunakan untuk mengangkut barang dan tidak diperbolehkan untuk mengangkut orang.

“Kita mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan mobil pikap atau bak terbuka untuk tidak mengakut penumpang Jika nanti ada kita temukan mobil bak terbuka yang mengangkut penumpang maka akan kita lakukan tindakan tegas berupa penilangan,” ungkapnya, Sabtu (26/12/2020).

Larangan mobil pikap atau bak terbuka digunakan untuk mengangkut orang sudah tertuang dalam Pasal 303 dan UU No 22 tahun 2009 tentang lalulLintas dan angkutan jalan.

Dalam pasal 303 telah diatur dimana setiap orang yang mengemudikan mobil barang untuk mengangkut orang sebagaimana dimaksud pasal 137 ayat (4) huruf a, huruf b dan huruf c, bisa dipidanakan dengan kurungan paling lama satu bulan, atau denda sebanyak Rp 250 ribu.

 

 

Related posts

Wawali Dedy Bersama IKAL Unib Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Isoman

Berita rafflesia

Memiliki 30 Gram Paket Sabu, Pemuda Desa Curup Utara Ditangkap Dit Res Narkoba Polda Bengkulu

Berita rafflesia

Meskipun Sedikit Terkendala, Program 1000 Jalan Mulus Tetap Berjalan Tahun Ini

Berita rafflesia

Leave a Comment