Program TPBIS Wujudkan Masyarakat Jadi Inovatif, Kreatif dan Berkarekter

Program TPBIS Wujudkan Masyarakat yang Inovatif,Kreatif dan Berkarekter

Bengkulu,Beritarafflesia.Com– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bengkulu menggelar acara Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di salah satu hotel di Kota Bengkulu, Kamis (6/7/23).

Program TPBIS Wujudkan Masyarakat yang Inovatif,Kreatif dan Berkarekter

Acara dibuka oleh Plh Sekda Tony Alfian dan dihadiri langsung Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bengkulu Mukhlis. Hadir sebagai peserta yakni perwakilan dari seluruh OPD, camat serta lurah.

Pada kesempatan ini hadir pula narasumber dari pihak dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Eko Pranoto yang memberikan materi soal transformasi perpustakaan.

Dalam sambutannya, Tony Alfian mengatakan bahwa Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial merupakan salah satu kegiatan prioritas nasional untuk mewujudkan masyarakat inovatif, kreatif dan berkarakter sehingga akan terwujud warga Kota Bengkulu yang memahami pentingnya peran perpustakaan.

Menurut Tony, sekarang banyak kegiatan yang bisa dilakukan di perpustakaan. Contohnya seperti melalui kegiatan Pelibatan Masyarakat, perpustakaan secara aktif menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di berbagai bidang.

Program TPBIS Wujudkan Masyarakat yang Inovatif,Kreatif dan Berkarekter

Selain itu, perpustakaan juga melakukan beragam kegiatan promosi agar semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari hadirnya perpustakaan.

“Perpustakaan berbasis inklusi sosial diharapkan dapat meningkatkan literasi informasi bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi dan komunikasi mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat meningkatkan kesejahteraan dan juga mendorong kreativitas serta memangkas berbagai kesenjangan akses informasi,” sampai Tony.(Br)