Seluma

PT Agri Andalas Masih Aktif, Kades Jenggalu Minta Hard Copy ke ATR/BPN Seluma

Seluma, Beritarafflesia.com – PT Agri Andalas baik yang masih aktif maupun yang telah habis masa berlakunya yang ada di wilayah Desa Jenggalu Joni Midarling ST, Kepala Desa (Kades) Jenggalu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma melayangkan surat permohonan hard copy ke Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Seluma data-data terkait Hak Guna Usaha (HGU), Selasa (08/09/2020) sekitar pukul 11:30 Wib.

“Hari ini kami atas nama Pemerintahan Desa Jenggalu menyerahkan surat secara resmi ke kantor ATR/BPN Seluma yang berisi permohonan kepada Kepala ATR/BPN Kabupaten Seluma untuk mengeluarkan hard copy data-data HGU PT Agri Andalas, baik yang masih aktif maupun yang telah habis masa berlakunya yang ada di Desa Jenggalu”, jelas Joni didampingi perangkat desa.

“Surat permohonan ini kami sampaikan dengan dasar untuk tertib administrasi dan arsip desa dan supaya ke depan tidak terjadi tumpang tindih surat-menyurat hak kepemilikan tanah yang ada di Desa Jenggalu”, tambah Joni.

Kades Jenggalu juga mengungkapkan bahwa surat tersebut merupakan tindak lanjut dari surat yang sebelumnya yang telah dilayangkan ke PT Agri Andalas, tertanggal (16/08/2020) yang ditembuskan ke ATR/BPN dan BPKD Kabupaten Seluma, serta Camat Sukaraja terkait dengan permohonan konfirmasi atas setatus lahan seluas kurang-lebih 21 H yang dikelola oleh pihak PT Agri Andalas yang hingga saat ini belum ada balasan resmi dari pihak Managemen Perusahaan yang bersangkutan.

“Diduga sebagian dari lahan bekas HGU tersebut yang luasnya kurang-lebih 21 H dikelola oleh PT Agri Andalas sejak Tahun 1996 hingga sekarang dengan status lahan yang belum jelas”, tutur Joni.

“Berdasarkan hasil koreksi SPPT PBB yang diterima Pemerintah Desa Jenggalu dari BPKD Kabupaten Seluma tidak ada satupun yang teridentifikasi atas nama PT Agri Andalas. Sementara Pemerintah Desa diberikan tugas di wilayahnya masing-masing untuk mengejar PAD guna keberlanjutan Pembangunan di Kabupaten Seluma”, terang Joni.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kaur Umum ATR/BPN Kabupaten Seluma, Nata membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima surat resmi dari Kades Jenggalu dan akan segera ditindaklanjuti dalam waktu dekat ini.

 

Share this:

Related posts

Bupati Erwin Hadiri Pelantikan Pengurus KAHMI Seluma Periode 2021-2026

Berita rafflesia

Pemerintah Kabupaten Seluma Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua

Berita rafflesia

“Nyungsep”, Polres Seluma Evakuasi Mobil Anggota Polri

Berita rafflesia

Leave a Comment