Bengkulu Selatan Hukum

Puluhan Warga Bengkulu Selatan Laporkan PT BSL Atas Kepemilikan Lahan

BENGKULU SELATAN, Beritarafflesia.com – Warga Bengkulu Selatan laporkan PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL) atas dugaan diduga menyerobot lahan milik warga Kabupaten Bengkulu Selatan. Puluhan warga berbondong-bondong datang ke Kantor DPRD Bengkulu Selatan Kamis (23/1/20), menuntut kejelasan terkait 100 Ha lahan milik 60 warga yang sekarang diisolasi oleh pihak PT BSL

Warga yang curiga terkait penggarapan lahan, mendatangi pihak PT BSL. Pihak PT BSL pun memberikan surat keputusan Bupati BS nomor 100/506 tahun 2017 lalu dengan luas 2034 hektar (Ha) sebagai bukti perizinan penggarapan lahan tersebut.

Adapun lokasi yang ditentukan di Kecamatan Kedurang Ilir seluas 993 Ha di Desa Lubuk Ladung, Air Sulau, Limus Penindaian, Padang Bindu, Nanjungan, Pagar Banyu, Sukarami dan Betunga. Sedangkan Kecamatan Pino seluas 1034 Ha terletak di Desa Gajuh, Kota Bumi dan Sebilo.

Warga bersitegas bahwa pihaknya belum menjual lahan tersebut. “Kami tidak pernah menjual lahan kami kepada pihak manapun, namun PT BSL sudah menggusur tanaman yang ditanam diatas lahan milik kami,” sesal Repoldi, perwakilan warga Bengkulu Selatan yang tergabung dalam sengketa lahan.

Dimanto, salah satu warga Karang Cayo menjelaskan permasalahan tersebut sudah 3 bulan terakhir ini memanas. Warga yang geram akibat permasalah tersebut  juga melaporkannya pada aparat kepolisian.

“Kami menuntut lahan kami dikembalikan, sebab kami punya bukti kepemilikan lahan tersebut berupa sertifikat,” tegas Dirmanto.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim SE menyayangkan jika ada perusahan besar yang diduga menyerobot lahan milik warga. Mewakili Dewan, ia memastikan bahwa pihaknya akan menyelidiki terkait izin yang dikantongi perusahaan tersebut.

“Jika ada oknum yang diduga menjual lahan warga tersebut harus ditelusuri, terkait kebenaran ini izinnya pun akan dievaluasi, atas laporan keluhan masyarakat ini akan kita tindaklanjuti termasuk rapat mengundang perusahaan bersangkutan,” pungkas Barli.(FHR)

Share this:

Related posts

Unit KBR Gegana Satbrimobda Bengkulu Semprotkan Disinfektan di Masjid dan Rumah Warga

Berita rafflesia

Kabid Humas Polda Bengkulu Himbau Intensifkan Patroli Medsos, Agar Jaga Situasi Kamtibmas Yang Kondusif

Berita rafflesia

Oprasi BKSDA Dan TNI Seluma Kembali Temukan 4 Jerat Harimau Masih Aktip

Berita rafflesia

Leave a Comment