Nasional

Roadmap Transformasi Digital Disusun Secara Komprehensif

Beritarafflesia.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika segera melakukan penyusunan roadmap transformasi digital secara komprehensif dalam beberapa tahun ke depan. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang berkaitan langsung dengan percepatan digitatalisasi.

“Kominfo sudah mendapatkan masukan dari semua lini dari dunia usaha, industri, kementerian, dan berbagai pihak untuk menyusun roadmap transformasi digital,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rosarita Niken Widiastuti pada Webinar Optimalisasi TIK untuk Percepatan Transformasi Digital, Jumat (2/10/2020).

Adanya masukan dari berbagai pemangku kepentingan, merupakan kontribusi nyata dari para pemangku kepentingan dalam percepatan digitalisasi di dalam negeri. Sehingga, penggunaan ruang digital dapat sepenuhnya dimanfaatkan untuk kegiatan yang mempunyai dampak positif bagi kehidupan rakyat seterusnya.

“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo diperlukan roadmap transformasi digital,” imbuhnya.

Dalam roadmap diatas, juga akan mengatur tentang mengatur percepatan integrasi pusat data nasional. Maksudnya, setiap data yang berada di kementerian atau lembaga negara diintegrasikan melalui satu sistem. Sehingga, pelaksanaan program pemerintah yang menyasar kepada masyarakat dapat tepat sasaran.

Integrasi data, lanjut dia, juga mampu membuat kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan program sosial menjadi lebih tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Hasilnya, penyaluran bantuan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan waktu yang relatif cepat.

“Nantinya data itu bisa terintegrasi, misalnya akan memberikan bantuan pulsa kepada pelajar, mahasiswa, dan guru dapat dilakukan secara merata dan tidak adanya mendapatkan dua kali (double),” tuturnya.

Ia meyakini, dengan adanya percepatan digitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat. Karena, potensi kesalahan pendataan data dapat diminimalisir dengan adanya bantuan dari perkembangan teknologi saat ini.

“Tidak akan ada misalnya ada kesalahan (miss), karena peluangnya sangat kecil dibandingkan pendataan data secara manual,” pungkasnya.

Share this:

Related posts

Upaya Cegah Penyebaran Corona, Danramil Air Besar Bersama Kapolsek Sambangi Puskesmas

Berita rafflesia

Hadir di Bimtek SMSI, Waka DPR RI Aziz Syamsudin Ingatkan Media Tidak Terjerat UU ITE

Berita rafflesia

Pentingnya Partisipasi Kaum Muda Menyukseskan Pilkada Serentak

Berita rafflesia

Leave a Comment