RSHD Kota Bengkulu Gelar  Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-“Implementasi PPI Dalam Mendukung Kendali Mutu dan Biaya Rumah Sakit “.

Dibuka Resmi Oleh Direktur Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu dr. Lista Cerlyviera MM  di dampingi oleh para kabid dan Kasi serta Kasubag,Selasa 22/08/2023.

Infeksi akan berdampak menurunkan Mutu Pelayanan Kesehatan pada pasien karena akan meningkatkan angka kematian dan biaya perawatan akibat semakin lamanya hari rawat serta biaya pengobatan semakin besar.

Disamping itu infeksi juga membahayakan petugas medis sendiri karena mereka beresiko tertular infeksi di tempat kerja,dan keluarga pasien dan pengunjung juga berpotensi menularkan penyakit.

Tim PPI RS memiliki peranan yang sangat penting dalam pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit. Semakin aktif tim PPI dalam tugas dan fungsinya maka akan menurunkan resiko penyebaran dan penularan penyakit di rumah sakit.

Menurut dr.Lista workshop ini juga sebagai penyegaran pengetahuan bagi petugas RSUD Harapan dan Doa , pembahasan pada workshop diadakan lebih mendalam agar pemahaman tentang pencegahan dan pengendalian infeksi di RSUD Harapan dan Doa semakin baik lagi.

“Harapan kami angka infeksi di RSUD Harapan dan Doa bisa ditekan. Karena dengan begitu pasien di RSUD Harapan dan Doa  bisa semakin cepat dirawat. Selain itu akan cepat sembuh juga akan semakin baik,” pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan workshop PPI ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan petugas yang ada di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu tentang pencegahan dan pengendalian infeksi, sehingga dapat melindungi petugas dan masyarakat dari penularan penyakit infeksi.(BR1)adv