Business Kepahiang

“Rumah Kreatif” Berdayakan Perempuan, Produksi Batik Khas Kepahiang

BENGKULU, Beritaraflesia.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Az Zahra Kepahiang bersama LKP Sumber Hayati dan DPC Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia melaksanakan program kegiatan kecakapan wirausaha (PKW).

Mewadahi perempuan untuk berkarya, Umi Yesi dan kawan-kawan beinisiatif membangun Rumah kreatif Batik Diwo di Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan. Batik Diwo sendiri merupakan batik khas Kabupaten Kepahiang yang bercirikan motif selempang emas, stabik, bunga bangkai, bunga rafflesia, huruf ka-ga-nga, serta kopi dan lada.

Rumah Kreatif dibangun  sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ibu rumah tangga, yakni ekonomi. Di daerah terpencil, masih banyak perempuan yang berakhir menjadi ibu rumah tangga akibat pendidikan yang minim, yang berimbas, lagi-lagi pada permasalahan ekonomi.

Maka untuk meningkatkan keterampilan perempuan, perekonomian, sekaligus melestarikan budaya leluhur, keterampilan membatik Tulis Diwo menjadi produk andalan dalam Rumah Kreatif. Rumah Kreatif terbuka bagi perempuan Kepahiang yang berkeinginan untuk mengembangkan keterampilannya.

“Jika berminat belajar membatik, silahkan berkunjung ke sini. Pengunjung juga bisa memesan batik sesuai dengan keinginan,” ujar Umi Yesi, Jumat (31/01/2020).

Tidak hanya menanggapi pesanan pengunjung, Rumah Kreatif ini juga menerima pesanan pembuatan batik untuk seragam sekolah, seragam dinas, seragam organisasi, taplak meja, dan lain sebagainya.

“Untuk pemesanan masyarakat bisa bertanya langsung ke Umi Hayati dengan nomor 081369509986,” jelas Yesi.(Fr)

Share this:

Related posts

Bupati Kepahiang Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Fisabilillah

Berita rafflesia

Perubahan APBD, Pansus 1 DPRD Kabupaten Lahat Kunjungi DPRD Kepahiang

Berita rafflesia

Bersama Bawaslu, Bupati Hidayattullah Buka Kegiatan Coffee Morning KORPRI

Berita rafflesia

Leave a Comment