Safari di Desa Warung Pojok, Bupati Rejang Lebong Resmikan Masjid

Safari di Desa Warung Pojok, Bupati Rejang Lebong Resmikan Masjid

Safari di Desa Warung Pojok, Bupati Rejang Lebong Resmikan Masjid

Rejang Lebong,Beritarafflesia.Com-Safari Ramadhan di Desa Warung Pojok Kecamatan Sindang Dataran, Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM, meresmikan Masjid Ar Rahman. Memberikan bantuan dana hibah untuk 2 masjid dan 1 kelompok pengajian Desa IV Suku Menanti. Serta menyantuni 3 dhuafa dan 2 anak yatim, Kamis, (28/3/2024) malam.

Sebelumnya, bupati bersama para pejabat dinas instansi jajaran Pemkab, perangkat desa dan warga desa lebih dulu berbuka puasa, sholat magrib dan santap malam di kediaman Fauzan sekitar 100 meter dari Masjid Ar Rahman.

Para pejabat yang mendampingi bupati itu diantaranya, Kadis Pertanian dan Perikanan, Ir. Amrul Eby, M.Si, Kadis PMD, Suradi Ripai, S.Sos., M.Si, Kadis DPMPTSP, Zulkarnain, SH, Kadis DP3APP-KB, Sutan Alim, S.Sos, Kadis Dikbud, Drs. Noprianto, MM. Serta Staf Ahli Bupati, Ir. Zurkarnain, MT. Serta Sekdis Dikbud, Hanafi, M.Pd dan Camat Sindang Dataran, Anton Seprizal, S.STP, Kabag Perekonomian Setda, M.Zen Pinani, S.Sos., M.Si, dan Kabag Kesra Setda, Herwin Wijaya Kesuma, M.Pd.I. Termasuk Kapolsek Sindang Dataran, Iptu M. Azhara.

Safari di Desa Warung Pojok, Bupati Rejang Lebong Resmikan Masjid

Usai santap malam dengan gulai kambing, bupati dan rombongan kembali ke masjid untuk menunaikan sholat isya, tarawih dan witir yang diimami Ustadz Anton Sujarwo, Lc., Ma.

Selepas tarawih, Bupati menyerahkan bantuan dana hibah senilai Rp70 juta. Rinciannya, Rp20 juta untuk Masjid Ar Rahman Desa Warung Pojok, Rp30 juta untuk Masjid Nurul Huda Sidodadi Desa IV Suku Menanti. Serta Rp20 juta untuk Jamaah Pengajian Istighosah Rebo Legi Desa IV Suku Menanti.

Termasuk menyantuni 3 lansia dhuafa, Ari Asmi, Yunama, dan Urida. Plus 2 anak yatim, Rayan Syuki dan Dewi. Plus, memberikan 3 lemari untuk 3 masjid. Yakni, Masjid Nurul Iman Desa Air Rusa, Masjid Ar Rahman Desa Warung Pojok dan Masjid Miftahul Jannah Desa IV Suku Menanti. Dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Masjid Ar Rahman. Bahkan, bupati juga menerima profosal pembangunn Masjid Ar Rahman yang disampaikan Sarman selaku ketua panitia pembangunan masjid itu.

‘’Saat ini merupakan malam ke-18 Ramadhan. Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah disisa Ramadhan,’’ kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan bahwa badan jalan penghubung Desa Warung Pojok sudah dibangun gubernur. Jalan itu berstatus jalan provinsi. Jalan ini sangat strategis karena jalan itu merupakan akses pengeluaran hasil panen kopi petani. ‘’Tahun berikutnya akan kita usulkan kembali. Sehingga, para petani dapat mengeluarkan hasil panen dengan cepat dan lancar,’’ ujar bupati.

Safari di Desa Warung Pojok, Bupati Rejang Lebong Resmikan Masjid

Sedangkan Ustadz Anton Sujarwo, Lc., Ma mengurai makna bulan suci Ramadhan. ‘’Ramadhan mengajarkan kita untuk menahan diri dari berbagai perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Seperti perbuatan maksiat perbuatan munkar. Menahan diri agar tidak rakus, menahan diri untuk tidak makan uang haram. Ramadhan juga mengajarkan kita untuk mampu bersikab sabar, ikhlas, tidak berkhianat dan dermawan,’’ kata ustadz.

Ibadah puasa di Bulan Ramadhan kata Anton Sujarwo, merupakan ibadah yang melatih kejujuran. Sebab, ibadah puasa tidak bisa dipamerkan seperti ibadah sholah, zakat, haji dan lainnya.

‘’Karena ibadah puasa ini hanya diketahui diri sendiri dan Allah. Bisa saja sahur ikut sahur tapi siangnya menikmati makan siang di pasar atau kedai. Atau makan roti di kebun. Pulang ke rumah berlagak seperti puasa lagi. Jika manusia bisa diperdaya, tapi Allah maha tahu apa yang kita perbuat,’’ tutur Anton Sujarwo.

Sementara Kades Warung Pojok, Suwanto menjelaskan, bangunan Masjid Ar Rahman ini dibangun di tahun 2021. ‘’Masjid ini berukuran 15 x 15 meter. Saat ini pembangunannya sudah menelan dana hampir Rp300 juta dan belum selesai tapi sudah bisa dimanfaatkan warga untuk beribadah. Diperkirakan untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini dibutuhkan dana sekitar Rp200 juta lagi. Makanya, panitia masjid telah menyampaikan permohonan bantuan dana kepada Pak Bupati,
‘’ papar Kades didampingi Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Sarman dan Sawalani selaku imam desa.(BR1)