Safari Ramadhan Bupati Rejang Lebong Bantu 9 Masjid 3 Dhuafa dan 2 Yatim

Safari Ramadhan Bupati Rejang Lebong Bantu 9 Masjid 3 Dhuafa dan 2 Yatim

Rejang Lebong,Beritarafflesia.Com-Dalam safari Ramadhan di Masjid Al Falah Desa Suban Ayam, Selupu Rejang, Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM membantu dana hibah untuk 6 masjid dan 3 masjid mendapat bantuan lemari. Serta menyantuni 3 warga dhuafa dan 2 anak yatim. Safari Ramadhan itu berlangsung pukul 17.45 WIB – 21.15 WIB, Minggu, (24/3/2024).

Di Masjid Al Falah itu, Bupati didampingi sederet pejabat jajaran Pemkab. Diantaranya, Kadis Pertanian dan Perikanan, Ir. Amrul Eby, MSi, Kadis Dikbud, Drs. Noprianto, Kadis Sosial, Syahfawi, SKM, MM, Kadis DPMPTSP, Zulkarnain, SH, Inspektur Daerah, Gusti Maria, SH, MH, Kadis DP3APP-KB, Sutan Alim, S.Sos. Serta Kadis Pora, Rezza Pahlevie, SH, MM, staf ahli bupati, Ir. Zulkarnain, MT, Sekdis Dikbud, Hanafi, SPd, Sekdis Ketahanan Pangan, Robert Rio Tinto, S.Sos, MSi. Kabag Kesra Setda, Herwin Wijaya Kesuma, MPdI, Kabag Perekonomian, M.Zen Pinani, S.Sos, MSi. Serta Ketua Pengadilan Agama Curup, M.Muhibuddin, Kapolsek Curup, Iptu. Ibnusina Al Farozi, SH, Ketua Baznas, Faisal Najamudin, S.Sos dan beberapa camat. Diantaranya Camat Curup, Gunawan Wibisono, S.STP dan Camat Selupu Rejang, Meylinda, SE.

Safari Ramadhan Bupati Rejang Lebong Bantu 9 Masjid 3 Dhuafa dan 2 Yatim

Sebelum menunaikan sholat magrib yang diimami Badarudin, Bupati bersama para pejabat, Kades Suban Ayam, H. Bahri, perangkat desa dan warga lebih dulu berbuka puasa. Usai berbuka dengan makanan ringan dan minuman segar cincau. Serta santap malam. Lalu sholat isya’ berjamaah yang diimami Ketua FKUB, Ustadz H.Agusten, M.Ag. Serta dilanjutkan dengan sholat tarawih yang juga diimami Agusten. Usai tarawih, bupati menyampaikan sambutan.

‘’Salah satu tujuan Safari Ramadhan yang kita laksanakan ini adalah untuk meningkatkan jalinan silaturahmi dengan warga dan perangkat Desa Suban Ayam. Selain itu, kita dapat melihat secara langsung kehidupan keagamaan di kalangan masyarakat desa. Termasuk menyaksikan dan menikmati fasilitas ibadahnya,’’ jelas bupati.

Bupati juga mengapresiasi terhadap pembangunan Masjid Al Falah ini cukup fantastis. Kendati pembangunannya belum rampung 100 persen, namun Masjid Al Falah sudah terlihat besar dan megah. Bahkan, Bupati berniat membantu pembangunannya.

‘’Pak Kabag Kesra tolong catat dan agendakan bantuan untuk Masjid Al Falah ini,’’ kata bupati.

Selain itu, bupati juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat Desa Suban Ayam yang telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu. Sehingga Pemilu berhasil memilih anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Termasuk presiden dan wakil presiden.

Safari Ramadhan Bupati Rejang Lebong Bantu 9 Masjid 3 Dhuafa dan 2 Yatim

‘’Masih ada 1 agenda Pemilu lagi yang akan dilaksanakan. Yakni, pemilihan gubernur-wakil gubernur dan pemilihan bupati-wakil bupati gelombang II yang akan dilaksanakan secara serentak, 27 November 2024. Pesta demokrasi ini harus kita dukung dan kita sukseskan,’’ ujar bupati.

Sedangkan Ustadz Agusten dalam tausyiah singkatnya
mengupas 3 keutamaan Bulan Ramadhan. Pertama, Ramadhan merupakan bulan taubat dan pengampunan. Sebab, setiap manusia pasti tidak akan luput dari perbuatan dosa. Bagi yang menunaikan ibadah puasa selama Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya.

Kedua, setiap umat yang menunaikan ibadah puasa dan ibadah lain di Bulan Ramadhan akan dibebaskan dari siksa neraka.

Ketiga, tutur Agusten, Allah akan melipat gandakan bagi umat yang memberikan sedekah untuk berbuka puasa. Walaupun hanya sebutir kurma. Termasuk membantu pembangunan Masjid Al Falah ini. ‘’Semoga kita tetap istiqomah menjalankan seluruh perintah NYA,’’ tukasnya.

Selain itu, Agusten juga menyampaikan 5 perkara yang boleh dilakukan dan tidak membatalkan puasa. Yakni, menyiram badan dengan air. Bahkan berendam dalam air tidak membatalkan puasa. Lalu, menelan air liur. Termasuk berciuman. ‘’Tapi saat berciuman kita harus bisa mengendalikan hawa nafsu,’’ katanya.

Dua perkara lain yang diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa adalah mencicipi makanan atau minuman. Serta bersuntik bagi yang sakit. ‘’Kenapa suntikan obat tidak membatalkan puasa. Karena obatnya tidak dimasukan melalui mulut,’’ tutur Agusten.

Di Penghujung acara, Bupati menyerahkan bantuan dana hibah Pemkab Rejang Lebong untuk 6 masjid dan 3 masjid mendapat batuan lemari dan bingkisan.

Ke-6 masjid itu adalah, Masjid Nurul Iman Desa Kayu Manis mendapat Rp30 juta, Masjid Uswatun Hasanah Desa Air Meles Atas Rp30 juta. Rp30 juta untuk Masjid Nurul Iman I Desa Suban Ayam, Masjid Simpang Bukit Kaba Rp30 juta, Masjid Nurul Yaqqin Desa Mojorejo Rp30 juta. Serta Rp15 juta untuk Mushola Al Ikhlas V. Ditambah 3 masjid lagi mendapat bantuan lemari dan bingkisan.

Sedangkan 3 warga dhuafa mendapat santunan dari Baznas. Mereka adalah, Siti, Sugiyem dan Mbah Iteng. Serta 2 anak yatim, Dini Al Hayun dan Hidayatullah Ramadani.(BR1)