Kota Bengkulu Pemerintahan

Satgas Forum Kota Sehat Kota Bengkulu Siap Pertahankan Penghargaan Swasti Saba Wistara

Kota Bengkulu, Beritarafflesia.com- Bertempat di ruang Hidayah kantor walikota Bengkulu, Rabu (23/12/2020) digelar acara pertemuan rutin forum kota sehat dan tim pembina forum kota sehat Kota Bengkulu. Acara tersebut dihadiri dan dibuka Penjabat Sesda Bujang HR.

Dalam sambutannya, Bujang menyampaikan tujuan Kota Sehat adalah tercapainya kondisi kota untuk hidup masyarakat yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas serta perekonomian masyarakat.

“Untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerja keras kita semua. Baik OPD terkait, Forum, maupun dari masyarakat Kota Bengkulu. Pelaksanaan kota sehat dilaksanakan dengan menempatkan masyarakat pelaku pembangunan yaitu melalui pembentukan atau pemanfaatan forum kota dengan dukungan pemda dan mendapatkan fasilitas dari sektor terkait melalui program yang telah direncanakan daerah,” kata Bujang.

Forum, kata Bujang sangat berperan menentukan arah, sasaran, tujuan , kegiatan dan langkah-langkah untuk mewujudkan kab/kota sehat.

Di tingkat kelurahan, telah dibentuk Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat dengan memfungsikan organisasi masyarakat yang ada. Di tingkat Kecamatan dibentuk Forum Komunikasi Kelurahan Sehat. Di Tingkat Kota telah dibentuk Forum Kota Sehat dan Tim Pembina Forum Kota Sehat.

“Diharapkan nantinya tim Forum Kota Sehat dan Tim Pembina FKS dapat bekerja sama dalam mewujudkan Bengkulu Sehat. Pokja di 67 kelurahan yang sudah terbentuk dan forum komunikasi kelurahan sehat di 9 Kecamatan dapat bekerja sinergis mewujudkan tujuan kota sehat dan mempertahankan penghargaan tertinggi Kota Sehat Swasti Saba Wistara di tahun 2021,” ujar Bujang.

Untuk diketahui, Pemkot Bengkulu sudah ketiga kalinya mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara. Untuk mempertahankan kembali Swasti Saba Wistara Tahun 2021, lanjut Bujang maka perlu penyiapan dari segi administrasi kelembagaan, termasuk penyusunan rencana kerja, dokumentasi dan laporan kegiatan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2019-2020.

“Saya harapkan melalui pertemuan ini masing-masing OPD bisa menyampaikan rencana program unggulan dan lokasi tatanan untuk penilaian kota sehat swasti saba wistara di tahun 2021,” demikian Bujang.

Share this:

Related posts

Edarkan Tembakau Gorilla, 2 Pemuda Bentiring Ditangkap Polisi

Berita rafflesia

Pemkot dan DPRD Siap Akomodir Aspirasi 40 Nelayan Danau Dendam Tak Sudah

Berita rafflesia

Ramah Tamah Bupati dan Wakil Bupati Bersama OPD Kab. Lebong

Berita rafflesia

Leave a Comment