Satgaswil Bengkulu Densus 88 AT Polri Gelar Kegiatan Ngaji Kebangsaan Bersama Gus Ulil Albab Djalaludin

Bengkulu,Beritarafflesia.Com – Satgaswil Bengkulu Densus 88 Anti Teror Polri, menggelar kegiatan Ngaji Kebangsaan Bareng Gus M Ulil Albab Djalaludin, di RM Taraso 88, Jalan Pariwisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, Selasa (8/8/2023) siang.

Gus Ulil Albab Djalaludin yang sengaja datang ke Bengkulu untuk mengunjungi sahabatnya, yakni Kasatgaswil Bengkulu Densus 88 AT Polri, Kombes Pol Dr. Imam Subandi, didaulat memaparkan hal terkait intoleransi, radikalisme dan juga terorisme dan rangka menguatkan kebangsaan.

Ditegaskan oleh Gus Ulil dalam kajiannya yang difasilitasi langsung oleh Imam Subandi, bahwa Agama manapun tidak ada yang mengajarkan kekerasan (terorisme). Adanya aksi terorisme adalah karena pemahaman beragama yang salah. Adapun, aksi terorisme dimulai dari sikap intoleransi dan radikalisme.

“Mereka (pelaku) hanya mengutip ayat-ayat yang mengandung kekerasan dan sesuai dengan kepentingan mereka saja,” ungkap Gus Ulil.

Lanjutnya, perilaku intoleransi juga tercermin dari sikap mengkafirkan orang diluar golongan (komunitas) mereka. Termasuk negara yang tidak berhukum pada Islam (agama) dianggap kafir.

Gus Ulil juga menyampaikan, bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa telah sesuai dengan ajaran agama-agama yang ada di Indonesia dan tidak ada yang bertentangan dalam 5 silanya.

Sementara itu, Imam Subandi mengatakan, kajian tersebut diharapkan mampu menjadi pencerah untuk menjelaskan bahayanya sikap intoleransi dalam beragama.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bengkulu, Kombes Pol Drs. Heru Suprihasto, S.H., Kepala TU Kemenag Provinsi Bengkulu H Ajamalus, perwakilan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, pengurus MUI Kota Bengkulu, Kasat Intelkam Polresta Bengkulu Kompol Rufaicen, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua SMSI Bengkulu Wibowo Susilo, Advokat Beny Hidayat, dan eks nara pidana teroris.(BR1)