Selangkah Lagi BKD Mukomuko Lakukan Inovasi Pelayanan Pajak Online

BKD Muko Muko Bekerjasama Dengan Pihak Bank Bengkulu Dalam Pelayanan Pajak Online. Rabu (28/4/2021) Kemarin

 

MUKO MUKO,Beritarafflesia.com – Badan Keuangan Daerah Kabupaten Mukomuko melalui Bidang Juga Pendapatan I dan Bidang Pendapatan II yang melakukan pengelolaan dan penatausahaan pajak daerah, ditengah keterbatasan namun tetap terus melakukan berbagai macam inovasi secara bertahap yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah serta untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada Wajib Pajak melalui pelayanan pajak online. Kamis (29/4/2021)

Upaya inovasi yang sangat strategis ini dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah Kabupaten Mukomuko dengan menggandeng pihak PT. Bank Pembangunan Daerah Bengkulu, oleh karena keterbatasan pembiayaan. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala BKD Mukomuko Agus Sumarman melalui Kepala Bidang Pendapatan I Singgih Pramono (Rabu, 28 April 2021) kemarin, kepada awak media ini bahwa kita pihak BKD Mukomuko mempunyai mimpi bagaimana pelayanan pajak dapat diterapkan secara online sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam membayar pajak dan bagaimana mengadakan peralatan tapping box cash register khusus untuk objek pajak restoran, hotel dan hiburan yang ada di Kabupaten Mukomuko.

Oleh karena, kita tidak memiliki anggaran, maka kami menggandeng PT. Bank Bengkulu untuk membangun sistem dimaksud, menyediakan sarana prasarananya dan pengadaan peralatannya. Alhamdulillah Bank Bengkulu merespon positif keinginan Pemkab Mukomuko ini dan insyaallah habis lebaran segera ditindaklanjuti dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama terkait pembangunan sistem dimaksud. Kami juga sudah melakukan pembicaraan sangat serius dengan Kepala Bagian Pemasaran PT. Bank Bengkulu Pusat Ibu Yuliana dan Bapak Wakil Divisi Pemasaran Bapak Hartono di Bengkulu. Langkah langkah inovasi ini kita lakukan selaras dengan keinginan Bapak Bupati Mukomuko yang menghendaki pelayanan dapat ditingkatkan melalui sistem online sehingga progress penerimaan daerah dapat dipantau setiap saat ujarnya.

Secara terpisah Bapak Wakil Ketua Divisi Pemasaran Bapak Suhartono ketika dihubungi media ini menyatakan bahwa Pihak PT. Bank Pembangunan Daerah Bengkulu menyambut baik usulan dan rencana dari Pemkab Mukomuko melalui BKD Kabupaten Mukomuko tersebut. Pemberian pelayanan terkait dengan pembayaran dan penatausahaan pajak daerah memang harus terus ďiup grading sehingga dapat berdampak pada peningkatan penerimaan daerah. Upaya kerjasama seperti ini juga pernah diterapkan dibeberapa daerah, alhamdulillah ada peningkatan penerimaan daerah setelah sistem dilakukan perubahan. Semoga dalam waktu dekat dapat kita realisasikan di Kabupaten Mukomuko, tutupnya(Byg)