Sukses Gelar Kegiatan Sedekah Bumi, Warga Desa Cirebon Baru Menggrlar Acara Tausyukuran

KEPAHIANG, BeritaRafflesia.com – Sebagai hambah Allah yang sehat, apa yang dilimpahkanpNya, patut disyukuri. Seperti dirasakan warga Desa Cirebon Baru saat ini mereka sukses menggelar tradisi Sedekah Bumi.

Tradisi Sedekah Bumi yang digelar di Balai Desa Cirebon Baru Minggu (6/8/23), berlangsung hikmat dan berjalan lancar. Hal ini dipaparkan Kepala Desa Cirebon Baru, Topan.

“Ratusan warga setempat datang berbondong-bondong untuk ambil bagian pada tradisi Sedekah Bumi yang diramaikan dengan sejumlah pageleran. Seperti tumpengan dan berbagai hidangan makanan,” ujar Topan.

Dalam acara yang dihadiri anggota DPRD Kepahiang, Camat Seberang Musi, Ketua BPD, perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun undangan lainnya itu, berlangsung sukses.

Atas nama pemerintah desa, kata Topan gengan suksesnya kegiatan tersebut, dia mengucapkan terima kasih yang seluas-selunya kepada masyarakat Desa Cirebon Baru.

“Ini salah satu cara meng uri-uri, atau melestarikan tradisi budaya leluhur. Juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan segala nikmat yang diberi selama ini,” paparnya.

Dengan diadakan kegiatan ini, kata dia, semoga saja masyarakat Desa Cirebon Baru diberkan kesehatan, keselamatan, kemakmuran serta dijadikan desa yang indah, adem ayem tentrem, guyup rukun damai dan sentosa.
Sementara Camat Seberang Musi, Idris, S.Sos, yang mewakili Bupati Kepahiang, menjelaskan Sedekah Bumi merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan wadah silaturrohim antar saudara, tetangga.

” Kegiatan seperti ini memperkuat serta mempererat persaudaraan, persatuan dan kegotong royongan sesama. Sehingga tercipta hidup guyup rukun damai dan sentosa. Sesuai moto Sedekah Bumi,” jelas Idris.

Tasyakuran ini, tambah Idris, salah satu rangkaian kegiatan Sedekah Bumi. Selanjutnya nanti bakal ada pengelaran Seni Budaya desa dan akan dilajsanakan do’a bersama. “Ini sebagai penutup rangkaian Sedekah Bumi,” ujar Idris.(Jon)