Tingkatkan Produktivitas komoditas Perkebunan, Gubernur Rohidin Serahkan Bantuan Alsintan dan Bibit Tanaman

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dan Bibit Tanaman Perkebunan krpada kelompok tani kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan, juga perwakilan Kelompok Tani Kabupaten Kau

Beritarafflesia.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dan Bibit Tanaman Perkebunan Untuk meningkatkan produktivitas komoditas perkebunan. Bibit yang diserahkan Di antaranya adalah bibit Pala dan bibit Kelapa Sawit dengan total 22.000 bibit dan 15 Hand Sprayer, di kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan, juga perwakilan Kelompok Tani Kabupaten Kaur, Sabtu (06/08/22).

Dalam sambutannya Gubernur Rohidin menjelaskan kepada kelompok tani agar alat mesin Pertanian dan bibit yang diberikan `dipelihara dengan baik. 

Gubernur Rohidin Menyampaikan Sambutannya

“Untuk bibit tolong ditanam dan dipelihara dengan baik, begitu juga dengan peralatan pertanian, pergunakan dengan baik dan dirawat, apalagi hand sprayer elektrik, setelah dipakai dibersihkan maka akan awet, kalau diletakkan sembarangan tidak tahan lama pasti akan cepat rusak,” jelas Gubernur Rohidin.

Tidak hanya itu Gubernur Rohidin pun meminta agar alat dan bibit yang diterima, dipakai dan dibagi secara adil kepada seluruh anggota kelompok. Karena bantuan ini diberikan kepada kelompok, maka bantuan tersebut bukan untuk ketua kelompok, bukan juga untuk sekretaris dan pengurus, tetapi seluruh anggota kelompok.

Gubernur Rohidin saat menyeraKan bibit tanaman kelapa sawit

“Itu milik anggota bersama, agar bantuan itu betul – betul memberikan manfaat penguatan. Dengan bantuan seperti itu rasa kebersamaan dan semangat kelompok itu akan makin kuat,” ucap Gubernur Rohidin.

Gubernur pun menambahkan bahwa Pemprov Bengkulu memiliki stok alat pertanian khususnya hand sprayer yang cukup, namun saat ini hanya 3 kelompok yang menyampaikan permintaan bantuan. Penyaluran bantuan alat pertanian disalurkan berdasarkan permintaan kebutuhan alat oleh kelompok tani melalui dinas masing – masing lalu selanjutnya direkap sesuai dengan usulan kelompok.

“Buat usulan, sampaikan dengan kita kalau memang nanti diperlukan dan memang kelompok taninya betul – betul ada. Itu bisa kita sampaikan bantuan tetapi tetap dibagi merata di setiap kabupaten/kota,” tutup Gubernur Rohidin.

Kegiatan ini sendiri juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajudin, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, juga para anggota Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pino. (adv)