advertorial Lebong

Upaya Pengembangan Desa Pemkab Lebong Tingkatkan Pelayanan Digitalisasi

Lebong,Beritarafflesia.com–Berbagai upaya pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses, serta pelayanan informasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Komunikasi, informatika dan persandian (Kominfo-SP) Lebong semakin mengembangkan program smartcity.

“ Seluruh pelayanan publik di desa akan didigitalisasi dengan membenahi koneksi internet dan peningkatan command center,” Kata Bupati Lebong, Rosjonsyah dalam acara Ekspressi Musik Spesial Desa Digital, (14/02/2020) di Aula Setda Lebong.

Lanjut Bupati, Command Center menjadi satu pusat sistem digital untuk memantau aktivitas sekaligus memberikan layanan masyarakat. Ia juga mengungkapkan, Kabupaten Lebong merupakan satu-satunya di Sumatera yang telah menerapkan program internet desa.

“ Masyarakat Lebong diharap bisa memanfaatkan teknologi  dengan mudahnya akses internet gratis ini. Kita yang pertama di pulau sumatera yang menerapkan program ini,” sampai Bupati.

Senada dikatakan Kadis Kominfo-SP Lebong, Doni Swabuana, ST MSi. Ia menambahkan, konsep desa digital itu juga ditunjang CCTV, Wifi dan lampu otomatis yang terhubung ke Command Center. Sedangkan untuk mengakses internet dengan memasukan nomor induk kependudukan sebagai kata sandi wifi tersebut.

“ Fasilitas ini dapat dimanfaatkan masyarakat desa yang bergerak dibidang UKM untuk menjual produk-produk mereka secara online serta fasilitas ini dapat digunakan dalam keadaan darurat karena command Center telah terintegrasi ke Kepolisian, bidan, dokter, Penanggulangan Bencana, pemadam kebakaran dan lainnya,” ujar Doni.

Sementara, Kapolres Lebong, Ichsan Nur sangat mengapresiasi program yang diluncurkan Bupati Rosjonsyah. Command Center Pemkab Lebong telah sangat membantu kepolisian.

“ Kami kepolisian sangat terbantu. Selain mengetahui adanya pelanggaran melalui CCTV, kami bisa semakin cepat tanggap terhadap laporan dan keluhan masyarakat,” sampainya.

Dalam acara ini Bupati Rosjonsyah juga menerima penghargaan Maturitas SPIP level 3 langsung dari Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto.

“ Dari beberapa pemerintahan, hanya Kabupaten Lebong dan Bengkulu Utara yang telah mencapai level 3. Bahkan Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu belum mencapainya. Pemerintahan Bupati Rosjonsyah ini patut diancungi jempol,” tutup  Iskandar.Adv(Roby)

Share this:

Related posts

Lobi Walikota ke Kementerian ESDM, Nelayan Kota Bengkulu Dapat Bantuan 348 Alat Konversi BBM – BBG

Berita rafflesia

Pemkot Teken MoU Dengan Bulog, Helmi: Berikan Kualitas Terbaik Terhadap Masyarakat Kota Bengkulu

Berita rafflesia

Kantor Kementerian Agama (KANKEMENAG) Kabupaten Lebong Akan Menyembelih 4 Ekor Sapi

Berita rafflesia

Leave a Comment