Upaya Tingkatkan Budaya Literasi di Lingkungan Pemprov,Kadis Perpustakaan dan Kearsipan  Lakukan Penilaian Terhadap Pojok Baca di OPD

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dalam upaya meningkatkan budaya literasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi, M.Pd, beserta rombongan, melakukan kunjungan penilaian terhadap Pojok Baca di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dinas Pemuda dan Olahraga menjadi OPD pertama yang dinilai oleh tim penilai.

Kepala Dinas Perpustakaan, Meri Sasdi, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu yang telah aktif berpartisipasi dalam program penyediaan Pojok Baca di OPD. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu ditambahkan, seperti penambahan koleksi buku dan peningkatan fasilitas, namun ini dianggap sebagai itikad baik yang patut diapresiasi.

“Tentu kita sangat mengapresiasi keikutsertaan Dispora Provinsi Bengkulu dalam penyediaan Pojok Baca. Meski masih ada beberapa hal yang perlu ditambahkan, tapi ini merupakan itikad baik. Mungkin kedepannya akan ada bantuan rak buku atau penambahan koleksi buku yang statusnya pinjam pakai,” ujar Meri Sasdi.

Menyambut baik apresiasi tersebut, Kadispora Provinsi Bengkulu, Ika Joni Ikhwan, SE., MM, mengisyaratkan kesiapan untuk berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu guna mendapatkan rak dan penambahan koleksi buku. Ia juga berharap dapat mengembangkan E-library di masa mendatang.

“Kami sangat mengapresiasi program penyediaan Pojok Baca di setiap OPD di lingkup Pemprov Provinsi Bengkulu. Ini memiliki tujuan besar dalammenghidupkan budaya literasi. Kami juga menyambut baik jika ada rak dan penambahan koleksi buku untuk Pojok Baca Dispora Provinsi Bengkulu, meskipun berstatus pinjam pakai, karena itu tetap tercatat sebagai aset Dinas Perpustakaan. Mungkin kedepannya kita bisa mengembangkan E-library, dengan ruangan yang representatif, berikut meja dan kursi yang telah tersedia. Mungkin perlu perbaikan di segi jaringan internet dan penambahan perangkat komputer untuk merealisasikannya,” ungkap Ika Joni Ikhwan.

Inisiatif Pojok Baca di OPD ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan pegawai dan masyarakat umum. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan literasi di semua lapisan masyarakat.(BR1)adv