Usin Minta Pada Kaum Milenial Lebih Teliti Mencerna Informasi Dari Sosial Media

Usin Minta Pada Kaum Milenial Lebih Teliti Mencerna Informasi Dari Sosial Media

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH sebagai pengiat media sosial, meminta agar kaum milenial harus teliti dalam mencerna dan sebarkan informasi dari berbagai akun media sosial.

Menurut Usin, diera digitalisasi saat ini sangat banyak informasi yang “liar”, karena berasal dari sumber informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Pada acara sosial internet Cakap (Cerdas, kreatif dan inovatif) di SMA 4 Kota Bengkulu, yang kebetulan Usin hanya bisa menyapa pelajar lewat akun media sosial.

“Saya berharap kepada para siswa agar betul-betul mengecek dan mencari tahu kebenaran informasi sebelum membagikan ke khalayak publik,” sampai Usin, Senin (12/6/2023).

Selain itu, turut hadir langsung wakil ketua KPID Bengkulu, Monika Thoyib, dirinya menjelaskan, literasi tentang internet Cakap sangat perlu dilakukan kepada para kaum milenial terutama bagi kaum pelajar yang memang adaptif terhadap teknologi.

“Karena platform digital ini sangat mempermudah bagi mereka mendapatkan informasi untuk belajar, namun disisi lainnya, ada dampak negatif bagi pelajar yang beragam informasi yang sulit untuk dibedakan mana yang benar dan palsu sehingga mereka perlu berpikir kritis untuk menyikapi informasi yang didapatkan,” kata Monika.

Lanjutnya, apalagi menjelang pemilu di tahun 2024, sangat banyak timbul ujar kebencian dan informasi yang tidak terverifikasi sehingga para pelajar harus dibentengi pengetahuan yang kritis.

“Para kaum pelajar ini nanti menjadi pemilih pemula sehingga mereka perlu berpikir kritis agar tidak ikut menyebarkan ujar kebencian dan atau ikut mensosialisasikan kepada teman-teman untuk tidak ikut menyebarkan,” harapnya.(BR1)adv