Verifikasi Lanjutan, Muba Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara

Verifikasi Lanjutan, Muba Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara

SEKAYU,Beritarafflesia.Com – Masuk nominasi peraih penghargaan Swasti Saba Wistara dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional Tahun 2023, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Kamis, (20/7/2023), mengikuti verifikasi lanjutan secara virtual hybrid bersama Tim Verifikator Pusat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Verifikasi Lanjutan, Muba Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud hadir langsung bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi disertai perwakilan pimpinan OPD dan stakeholder terkait lainnya mengikuti kegiatan tersebut secara virtual dari Ruang Rapat Serasan Sekate Pemkab Muba.

Di hadapan Tim Verifikator Pusat Penilaian KKS 2023, Pj Bupati Muba memaparkan presentasi terkait dokumen keberhasilan dan penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Muba. Ada sembilan tatanan yang menjadi penilaian. Diantaranya Tatanan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum, Tatanan Pasar, Tatanan Pendidikan, Tatanan Pariwisata dan Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana.

Verifikasi Lanjutan, Muba Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara

“Alhamdulillah, kita mampu memenuhi kesembilan tatanan itu dengan baik sehingga masuk nominasi dari Lima kabupaten/kota di Sumsel yang lolos seleksi Kabupaten/Kota Sehat untuk menerima penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara. Kategori ini tertinggi dalam ajang yang dilangsungkan setiap dua tahun sekali tersebut,” ungkap Apriyadi.

Selanjutnya orang nomor satu di Kabupaten Muba ini membeberkan, untuk capaian pembinaan penyelenggaraan
Kabuoaten Sehat di Kabupaten Muba seluruh Kecamatan yang ada di Muba sudah menyelenggarakan KKS dan sudah menyusun dokumen rencana kerja dari sembilan tatanan KKS.

Verifikasi Lanjutan, Muba Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara

Kabupaten Muba menurut Pj Bupati, sudah pernah meraih penghargaan Kategori Swasti Saba Wistara pada tahun 2019 lalu. Sebagaimana diketahui, program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

“Kita berterimakasih kepada masyarakat, Dinas Kesehatan dan OPD terkait, Forum Kabupaten Sehat serta para anggota DPRD dan stakeholder terkait lainnya yang terus mendukung penuh upaya peningkatan kesehatan selama ini di Kabupaten Muba. Semoga Kabupaten Muba meraih kembali penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara di tahun ini,” ujar Pj Bupati Apriyadi.

Sementara itu Ketua FKS Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi menyampaikan terimakasih atas dukungan Perangkat Daerah dan segenap stakeholder lainnya yang terlibat dalam menyiapkan dan melengkapi semua sembilan tatanan yang sudah diterapkan di Kabupaten Muba. Dirinya optimis bisa berhasil menjadikan Muba Kabupaten sehat, bersih, aman dan nyaman.

“Tahun 2019 yang lalu Kabupaten Muba meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara dengan tujuh tatanan. Semoga untuk tahun 2023 ini kita kembali meraihnya yang diumumkan nanti pada ajang Penganugerahan Swasti Saba KKS 2023,” tukasnya.(BR1)adv