Bengkulu Utara Pemerintahan

Wabup BU Ikuti Rilis Data Sensus Penduduk 2020

Bengkulu Utara, Beritarafflesia.com- Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, S.E, M.AP dan stakeholder terkait mengikuti video conference acara Rilis Bersama Data Sensus Penduduk 2020 dan Data Administrasi Kependudukan 2020 menuju satu data kependudukan Indonesia, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kepala Badan Pusat Statistik secara virtual, di ruang rapat Sekdakab BU, Kamis(21/1/2021).

Sekretaris Jenderal Kemendagri Muhammad Hudori  menjelaskan, rilis data kependudukan semester II 2020 merupakan tindak lanjut dari selesainya sensus penduduk tahun 2020 oleh BPS dan dilanjutkan sinkronisasi data hasil sensus dengan data pelayanan kependudukan hasil konsolidasi dari 514 Kabupaten/Kota yang dikelola oleh Kemendagri.

“Ini merupakan wujud sinergi yang dilakukan BPS untuk membangun kepercayaan publik bahwa pemerintah Indonesia kompak untuk mewujudkan satu data Indonesia yang diawali dengan satu data kependudukan untuk Indonesia Maju,” pungkasnya.

Dipaparkan hasil sensus jumlah penduduk Indonesia sebesar 271.349.889 Jiwa.

Suhariyanto, Kepala Badan Pusat Statistik, memaparkan adapun tujuan Sensus penduduk 2029 ini ditujukan untuk menyediakan data data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Selain itu, untuk menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SSGs,” terangnya.

Penggunaan data kependudukan sebagai basis SP2020  berdasarkan  Pasal 58 ayat (4) UU 24/2013 tentang penggunaan data kependudukan Kemendagri dan peraturan Presiden Nomor 62 tahun 2019 mengenai strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk pengembangan statistik hayati.

 

Related posts

Masyarakat Abai, Penegakan Prokes Harus Diperketat

Berita rafflesia

Walikota Helmi Ajukan Surat Permohonan Lockdown Ke Gubernur Bengkulu

Berita rafflesia

Bupati Benteng dan Beberapa Penjabat Tunda Suntik Vaksin

Berita rafflesia

Leave a Comment