Wakil Walikota Beri Motivasi Pada Para Mahasiswa UNIB, Pentingnya Pengembangan Diri dan Miliki Skill

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dengan sejuta bekal dan pengalaman di dunia kerja. Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi memberikan motivasi kepada para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Bengkulu (Unib) pada seminar Human Career Motivation dengan mengusung tema “Upgrade Self Value, Is It Important”.

Seminar ini berlangsung di aula Dekanat FEB, Selasa (15/8/2023). Selain Wawali Dedy, bertindak sebagai pemateri yakni Talent dan Culture Manager Mercure Bengkulu Aan Iskandar. Hadir juga dalam kesempatan ini, Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Fachruzzaman, Kepala Jurusan FEB Rina.

Pada momen ini, Wawali Dedy dengan gembira menyampaikan beberapa tips kepada mahasiswa terkait pengembangan diri menuju karier yang lebih baik ke depannya usai dunia perkuliahan.

“Dunia kerja ini beda dengan dunia kampus. Kita harus punya target dalam hidup, mau punya apa kalian ke depannya. Untuk itu, hari ini kita motivasi kepada adik-adik mahasiswa tentang bagaimana self value. Itu adalah bagaimana kita memaksimalkan potensi diri dan kita mampu beradaptasi dengan lingkungan,” ujarnya.

Hal ini disampaikan Dedy karena kebanyakan mahasiswa saat ini asik dengan dunianya sendiri tanpa memikirkan modal untuk menatap dunia setelah selesai masa perkuliahan.

“Tadi saya ingatkan bahwa mereka jangan datang kampus, kemudian nongkrong ke cafe, kemudian besoknya begitu lagi. Itu enggak ada gunanya, menjadi percuma begitu,” ungkap Dedy.

“Tetapi manakala kalau dia bisa memaksimalkan diri dan sudah mulai menata apa-apa yang harus dia siapkan dan mampu beradaptasi. Nah dengan ini, maksud saya jangan dia memanjakan dirinya saja dengan kegiatan-kegiatan yang hura-hura, tapi juga harus bagaimana mencoba untuk berbisniskah ataupun berusaha,” lanjutnya.

Untuk mempersiapkan itu, Dedy ingin para mahasiswa mempunyai skill dalam mengembangkan dirinya.

“Sekarang soal skill juga menjadi penting. Kalau hanya mengandalkan kemampuan akademik di kertas itu enggak ada gunanya. Tapi sekarang dia harus punya kemampuan ataupun keahlian,” jelasnya.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu juga mensupport para mahasiswa yang telah lulus dengan adanya berbagai pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).(BR1)