Kota Bengkulu Pemerintahan

Wali Kota Helmi Hadiahkan Mobil Untuk LKM Jembatan Kecil

BENGKULU, Beritarafflesia.com – Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan apresiasi keberhasilan koperasi yang berhasil menjalankan program Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake). Hal tersebut disampaikan beliau pada Selasa (7/1/20) saat pertemuan dan silaturahmi di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu.

Sebelumnya, Wali Kota Helmi memang sudah menjanjikan reward berupa mobil kepada pihak LKM atau Koperasi yang berhasil mengembangkan program Samisake.

“Dulu memang saya tantang, (UMKM) yangt berhasil akan diberikan reward berupa pinjaman mobil bagi pengelola Samisake. Saat itu permintaan mereka kendaraan mobil jenis pick up, ya kita sanggupi,” jelas Walikota Helmi.

Kelurahan yang berhasil menjawab tentangan tersebut yakni Kelurahan Jembatan Kecil. Untuk itu, Kepala UPTD Samisake Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, Rendra Prajinata pun menagih janji Wali Kota Helmi atas keberhasilan tersebut.

“Saya sekedar menginformasikan dan menagih janji bapak Wali Kota, terkait pemberian hadiah kepada yang berhasil mengembangkan UMKM  dari dana Samisake,” papar Rendra.

Mendengar hal tersebut, Wali Kota Helmi mengaku senang. Reward berupa pinjaman mobil jenis pick up akan diberikan pada pihak LKM atau koperasi di Kelurahan Jembatan Kecil.

“Saya sangat senang ternyata Samisake di Jembatan Kecil sudah berkembang, yang dari modal awalnya sebesar Rp 300 juta sekarang perputaran uangnya sudah mencapai Rp 3,7 Miliar. Mobil sudah ada, tinggal Dinas Koperasi buat suratnya,” tutur Wali Kota Helmi.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, Edison saat mempresentasikan kemajuan kinerja Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, menjelaskan bahwa jumlah total koperasi saat ini sebanyak 898.

“Ada 19 macam koperasi. Kami juga sudah membuat data koperasi berdasarkan kelurahan, total 898 koperasi. Jumlah yang aktif sebanyak 692 koperasi, sedangkan yang tidak aktif sebanyak 306 koperasi,,” jelasnya.

Ia juga memaparkan bahwa total modal yang dimiliki Rp 191 Miliar. Modal dari luar koperasi sebanyak Rp 71 Miliar. Data UMKM lebih kurang 400, dengan tenaga kerja sebanyak 47 ribu bahkan lebih. Jumlah dana yang disalurkan Rp 54.749.400, jumlah peminjam 10.361, penyerapan tenaga kerja 12.754, pengembangan usaha 9.477. Terakhir, jumlah usaha baru tercatat ada 943,” tutup Edison. (Cecep)

Share this:

Related posts

Polda Bengkulu Berikan Atribut Khusus Untuk Wartawan Saat Peliputan Demo

Berita rafflesia

Tekad Kuat Membangun Bengkulu, Gubernur Rohidin: Ciptakan Pemerintah Bebas “KKN”

Berita rafflesia

Tinjau Pos Pam & Posko Penanganan Covid-19, Gubernur Rohidin Tekankan 3 Poin Penting

Berita rafflesia

Leave a Comment